Jumat 29 Jan 2021 05:55 WIB

10 Fakta Ateis dan Ateisme di Amerika Serikat

Terdapat fakta ateis dan ateisme di Amerika Serikat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat fakta ateis dan ateisme di Amerika Serikat, Bendera Amerika Serikat (Ilustrasi)
Foto:

Kedelapan, ateis tak percaya, tapi cukup tahu tentang agama. Dalam survei pengetahuan agama 2019 Pew Research Center, ateis termasuk di antara kelompok dengan kinerja terbaik, menjawab rata-rata sekitar 18 dari 32 pertanyaan berdasarkan fakta dengan benar, sementara orang dewasa Amerika Serikat secara keseluruhan mendapatkan rata-rata sekitar 14 pertanyaan dengan benar. 

Ateis setidaknya sama berpengetahuannya tentang pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Kristen kira-kira delapan dari sepuluh di kedua kelompok, misalnya, tahu bahwa Paskah memperingati kebangkitan Yesus dan mereka juga dua kali lebih mungkin daripada orang Amerika Serikat secara keseluruhan untuk mengetahui bahwa konstitusi Amerika Serikat mengatakan tidak ada ujian agama yang diperlukan untuk memegang jabatan publik.

Kesembilan, ateis yakin memiliki moral baik tak perlu beragama. Sebagian besar orang Amerika Serikat mengatakan, tidak perlu percaya pada tuhan untuk bermoral, sementara yang lain mengatakan percaya pada tuhan diperlukan untuk memiliki nilai-nilai yang baik, menurut survei 2017.  

Di negara maju lainnya, ateis cenderung mengatakan bahwa kepercayaan kepada Tuhan sangat penting untuk moral yang baik, termasuk 15 persen ateis di Prancis. Tetapi, di banyak belahan dunia lain, hampir semua orang mengatakan bahwa seseorang harus percaya kepada tuhan untuk bermoral, termasuk di Indonesia, Ghana, dan Pakistan, menurut survei internasional Pew Research Center 2013.

Kesepuluh, sikap orang Amerika Serikat kepada ateis tak sehangat dengan orang beragama. Survei Pew Research Center 2019 meminta orang Amerika Serikat untuk menilai kelompok untuk mengukut perasaan dari 0 (sedingin dan negatif mungkin) hingga 100 (peringkat terhangat, paling positif). Orang dewasa Amerika Serikat memberi ateis peringkat rata-rata 49, identik dengan peringkat yang mereka berikan pada Muslim (49) dan lebih dingin dari rata-rata yang diberikan kepada orang Yahudi (63), Katolik (60), dan Kristen evangelis (56). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement