Kamis 28 Jan 2021 23:29 WIB

KH Maruf Amin: Musibah Mendera, Ulama Mesti Hadirkan Solusi

Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Maruf Amin meminta ulama aktif

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin yang Ketua Dewan Pertimbangan MUI meminta peran ulama hadirkan solusi hadapi musibah.
Foto:

Dia menerangkan, kerusakan ada dua yakni kerusakan fisik dan kerusakan non fisik seperti perilaku dan lain sebagainya. Jika tata aturan yang ada di bumi dilanggar akan terjadi kerusakan. Maka ada dua penyebab bencana alam banjir itu. 

"Menurut para ahli yang pertama itu adalah karena rusaknya lingkungan, dan yang kedua karena terjadinya iklim global yang sudah tidak menentu dan membawa malapetaka," kata Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf memandang bencana alam itu terjadi karena orang-orang mengeksploitasi bumi tapi tidak menjaga tata nilai atau aturannya.

Kiai Ma’ruf menjelaskan, Allah juga memberikan tata aturan manusia dengan sesama manusia dan manusia dengan alam. Setiap orang boleh memilih melaksanakan atau tidak melaksanakan tata aturan dari Allah itu.

"Tetapi kalau ini (tata aturan dari Allah) tidak dilaksanakan akan berdampak terjadi kerusakan-kerusakan yang menimbulkan kezaliman terhadap sesama manusia, terjadi berbagai kerusakan (alam), itulah yang disebut bahwa semua kerusakan itu terjadi karena perbuatan manusia," jelasnya.

Kiai Ma'ruf mengatakan, maka yang harus dilakukan adalah memohon kepada Allah SWT supaya diberi kemampuan untuk mencari solusi. Rasulullah SAW bersabda agar manusia meminta pertolongan kepada Allah dan jangan lemah.

"Yang kita minta adalah inayah jadi tepat sekali kalau kita melakukan istighasah, mendekatkan diri kepada Allah, tetapi tidak hanya seremonial atau formalitas (saja)," ujarnya.

Muhasabah dan Istighasah Untuk Negeri diawali dengan sambutan Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI sekaligus Wapres RI KH Ma'ruf Amin. Kemudian muhasabah dan istighasah dipimpin Pimpinan Majelis Rasulullah, Habib Nabil Al-Musawwa. 

 

Selanjutnya Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar membacakan doa di akhir acara muhasabah dan istighasah. Tampak sejumlah ulama dan tokoh menghadiri kegiatan ini secara langsung maupun virtual.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement