Jumat 22 Jan 2021 06:03 WIB

Masjid Pusat Pembinaan Mualaf di Kuningan Rusak Parah

Jadi pusat pembinaan mualaf, masjid di Blok Pugag rusak parah dimakan usia.

Rep: lilis sri handayani/ Red: Muhammad Subarkah
Masjid Al Jihad di Blok Pugag di Kuningan.
Foto:

Ade menyebutkan, jumlah warga di Blok Pugag ada 70 jiwa atau 21 kepala keluarga (KK). Dari jumlah itu, tiga perempat di antaranya merupakan mualaf maupun Muslim sejak lahir. Sedangkan, seperempat lainnya, merupakan non-muslim.

Secara geografis, Blok Pugag terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (Mdp). Akses menuju blok itu pun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, tidak bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Kondisi itu cukup menguras tenaga mengingat jarak Blok Pugag dengan Desa Kutawaringin sekitar tiga kilometer (Km).

Kondisi geografis itu menjadi salah satu kendala dalam renovasi Masjid Al Jihad. Betapa tidak, untuk sekadar mengangkut satu sak semen, harus diangkut dengan menggunakan motor trail yang telah diberi rantai pada bannya. Hanya motor seperti itu yang sanggup menaiki jalan menanjak, terjal, dan licin untuk sampai ke lokasi.

"Itu pun hanya bisa dilakukan oleh pemuda Pugagnya saja yang sudah terbiasa. Kalau kami, tidak bisa menghadapi medan seperti itu, takut jatuh ke jurang," tutur Ade.

Belum lagi, untuk mengangkut berbagai bahan bangunan lainnya. Karenanya, anggaran renovasi masjid menjadi membengkak karena tingginya biaya akomodasi.

Ade memperhitungkan, untuk merenovasi Masjid Al Jihad, sebenarnya hanya butuh anggaran kurang lebih Rp 120 juta. Namun, akibat sulitnya akses untuk mengangkut bahan-bahan bangunan, biaya yang dibutuhkan pun membengkak menjadi sekitar tiga kali lipatnya.

Tak jauh dari lokasi Masjid Al Jihad, berdiri pula tempat ibadah non-muslim. Namun, berbeda dengan Masjid Al Jihad, bangunan tempat ibadah non-Muslim itu berdiri megah dan kokoh.

Untuk itu, Ade berharap, ada uluran tangan dari para hamba Allah SWT untuk membantu renovasi Masjid Al Jihad. Dengan demikian, kaum Muslim di Pugag bisa beribadah lebih khusyuk di masjid tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement