Jumat 22 Jan 2021 01:35 WIB

MUI Gagas Penanaman Pohon Kurma di NTB

Alam NTB cocok untuk ditanami pohon kurma.

MUI Gagas Penanaman Pohon Kurma di NTB. Pekerja merawat pohon kurma.
Foto:

Zulkieflimansyah menyakini MUI dan lembaga-lembaga keagamaan lainnya, selain fokus pada pembinaan keagamaan dan kerukunan antarumat beragama, juga memiliki peran penting sebagai sebuah wadah menggali dan membangkitkan berbagai potensi ekonomi yang ada di setiap wilayah di NTB.

Karena itu, ia sangat mendukung program budi daya kurma tersebut. Budi daya kurma bukan hanya persoalan, pangan namun kepada karakteristik umat Muslim yang terbentuk sejak dulu. Karena buah kurma memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan masyarakat.

"Saya kira, sebelum mengembangkan budi daya kurma lebih lanjut, saya kasih saran untuk berkomunikasi dengan Universitas Mataram (Unram), karena mereka lebih paham terhadap teknologi pertanian," ujarnya.

Menurut dia, pengembangan pertanian saat ini harus memanfaatkan teknologi, karena teknologi saat ini sudah bisa dimanfaatkan di semua sektor, seperti bioteknologi, hidroponik dan lain-lain memiliki efisiensi di bidang tenaga dan efektivitas pada peningkatan produksinya.

 

"Jika budi daya kurma masih dengan proses tradisional, maka peningkatan dan kesuburun tanamannya lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Mudah-mudahan program ini mampu membawa berkah bagi peningkatan ekonomi umat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement