Senin 18 Jan 2021 13:00 WIB

Masjid Seluas Lima Hektare Siap Dibangun

Masjid seluas lima hektare di India siap dibangun.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Seluas Lima Hektare Siap Dibangun . Foto: Infografis Masjid Terbesar di Dunia. Ilustrasi masjid
Foto: Republika.co.id
Masjid Seluas Lima Hektare Siap Dibangun . Foto: Infografis Masjid Terbesar di Dunia. Ilustrasi masjid

REPUBLIKA.CO.ID, AYODHYA--Pembangunan Masjid Dhannipur di Ayodhya, Uttar Pradesh, India, akan dimulai secara resmi pada 26 Januari 2021 mendatang. The Indo-Islamic Cultural Foundation (IICF) mengatakan, berencana mengadakan upacara untuk menandai dimulainya proyek pada 26 Januari nanti.

“Pada pertemuan Indo-Islamic Cultural Foundation (IICF) diputuskan, Republic Day akan diperingati dengan dimulainya Proyek Masjid Dhannipur yang meliputi rumah sakit, museum, perpustakaan, dapur komunitas, Indo-Pusat Penelitian Kebudayaan Islam, rumah penerbitan, dan masjid," ujar sekretaris dan juru bicara IICF, Athar Hussain, yang dikutip di India Today, Senin (18/1).

Baca Juga

Hussain lebih lanjut mengatakan, pada pukul 08.30 pagi pada tanggal 26 Januari nanti, bendera nasional akan dikibarkan di sebidang proyek seluas lima hektare itu, diikuti dengan penanaman anakan pohon oleh ketua wali dan anggota pengawas IICF. Karena fokus proyek adalah memberikan pengabdian kepada masyarakat di daerah tersebut, IICF berupaya untuk menciptakan kesadaran tentang perubahan iklim dengan menanam anakan pohon di sebidang tanah seluas lima hektare, jelasnya.

"Seperti yang dibayangkan dalam proyek ini, area hijau, yang akan memiliki tanaman dari seluruh dunia, dari hutan hujan Amazon hingga area di Australia yang melaporkan kebakaran hutan, dan dari semua wilayah geografis berbeda di India akan dikembangkan untuk menciptakan kesadaran tentang ancaman segera yang ditimbulkan oleh perubahan iklim," ujarnya.

Masjid Dhannipur berukuran 15 ribu kaki persegi dan akan memiliki penampilan yang berbeda dari masjid lainnya. Masjid ini kemungkinan akan berbentuk persegi seperti Ka'bah Sharif di Mekah, seperti yang diisyaratkan oleh arsiteknya, SM Akhtar, dalam blue print-nya.

Baca juga : Sedekah Menjelang Nabi Muhammad Meninggal

Kepala Desa Dhannipur, Rakesh Yadav, mengatakan, orang-orang sangat senang dengan pembangunan masjid besar di desa tersebut. Yadav mengatakan bahwa ada sekitar 1.300 orang di desa Dhannipur dan mereka selalu menjaga kerukunan masyarakat.

Ia juga mengatakan, keputusan membangun rumah sakit di kompleks masjid akan membantu warga sekitar. Dia mengatakan bahwa masjid baru di desa akan membawa kemungkinan pembangunan baru bagi semua orang di daerah tersebut. “Warga juga percaya ini pembangunan untuk desa,” ujarnya.

Setelah pergumulan hukum yang berlarut-larut, Mahkamah Agung, pada 9 November tahun lalu akhirnya membuka jalan bagi pembangunan Kuil Ram di situs Masjid Ram Janambhoomi-Babri yang disengketakan di Ayodhya dan mengarahkan pembagian lahan alternatif seluas lima hektare untuk Dewan Wakaf Sunni untuk membangun masjid baru di tempat yang "menonjol" di kota Uttar Pradesh. Pemerintah negara bagian juga telah setuju membagi tanah seluas lima hektare di desa Dhannipur di Sohaval Tehsil di Ayodhya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement