Ahad 10 Jan 2021 05:43 WIB

Abaikan Covid-19, Ribuan Umat Katolik Berkumpul di Manila

Mereka memberi penghormatan kepada patung Black Nazarene Yesus.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Abaikan Covid-19, Ribuan Umat Katolik Berkumpul di Manila. Ilustrasi Covid-19
Foto:

Pelanggaran Jarak Sosial

Pada pukul 06.00 waktu setempat, Sabtu, laporan mengatakan setidaknya 20 ribu orang telah berkumpul di distrik kota Quiapo. Kerumunan bertambah menjadi lebih dari 22 ribu seiring berjalannya hari.

Polisi telah memasang barikade di sekitar gereja di mana ikon religius disimpan, untuk mencegah orang-orang terlalu dekat dengan prosesi. Tetapi situs berita ABS-CBN kemudian melaporkan protokol jarak sosial tidak diikuti dengan benar karena kerumunan mulai berkumpul lebih dekat untuk mendapatkan citra Kristus.

Mantan presiden Philippine College of Physicians, Tony Leachon mengatakan pelanggaran pembatasan kesehatan bisa menjadi formula penyebaran super dan lonjakan besar kasus Covid. “Tuhan pasti akan mengerti jika kita akan tinggal di rumah,” katanya.

Peziarah percaya menyentuh gambar Black Nazarene atau hanya berada di hadapannya, dapat menyembuhkan orang sakit atau membawa keberuntungan. Patung hangus itu diyakini selamat dari kebakaran di abad ke-17 saat dalam perjalanan ke Filipina, yang menjadi benteng Katolik Asia selama 400 tahun sebagai koloni Spanyol.

Kritikus mengatakan prosesi, yang biasanya memakan waktu sekitar 20 jam, merupakan campuran takhayul dan risiko yang tidak perlu bagi peserta. Tetapi para pejabat Gereja mengatakan praktik tersebut adalah ekspresi iman yang bersemangat di negara berpenduduk lebih dari 105 juta yang berpenduduk mayoritas Kristen.

 

 

https://www.aljazeera.com/news/2021/1/9/thousands-of-nazarene-pilgrims-flock-to-manila-amid-covid-worries

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement