Kamis 07 Jan 2021 12:50 WIB

Turki akan Pulihkan Masjid Bersejarah di Albania

Masjid bersejarah di Albania akan dipulihkan Erdogan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Turki akan Pulihkan Masjid Bersejarah di Albania. Foto: Erdogan
Foto: Republika
Turki akan Pulihkan Masjid Bersejarah di Albania. Foto: Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA – Pemerintah Turki akan memulihkan Xhamia e Plumbit (Masjid Utama) yang bersejarah di Shkoder, Albania. Kabar itu diumumkan oleh oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, selama konferensi pers dengan Perdana Menteri Edi Rama, di Ankara, Rabu (6/1).

Dilansir di Exit News, Kamis (7/1), Xhamia e Plumbit adalah monumen budaya kelas satu yang dibangun pada tahun 1773. Masjid Utama ini telah mengalami kerusakan selama bertahun-tahun, dan sering dilanda banjir selama musim hujan.

Baca Juga

Menteri Kebudayaan kedua negara menandatangani perjanjian restorasi.

Presiden Turki Erdogan  menetapkan, Pemerintah Turki akan menyediakan dana dan melakukan proses pemulihan untuk salah satu simbol utama Shkoder tersebut.

Erdogan menekankan bahwa Turki telah melakukan lebih dari 500 proyek restorasi di Albania senilai 20 juta euro. Erdogan memang dikenal sebagai presiden yang kebijakannya kerap kali bersinggungan dengan masjid atau simbol-simbol agama Islam.

Setelah sebelumnya Erdogan mengubah fungsi Hagia Sophia dari museum ke masjid, Erdogan kemudian terus vokal dalam menyuarakan kepentingan sarana prasarana ibadah umat Muslim. Tak hanya itu, dalam politik internasionalnya, Erdogan juga kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan atas pembelaannya terhadap hak-hak umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement