Rabu 06 Jan 2021 18:02 WIB

Tarekat Ideal Menurut Mama Sempur Ulama Tanah Pasundan 

Mama Sempur tekankan pentingnya tarekat yang ideal menurut Islam

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Mama Sempur tekankan pentingnya tarekat yang ideal menurut Islam. Anggota Tarekat Naqsabandiyah/ilustrasi
Foto:

Selain produktif menulis kitab, Mama Sempur juga dikenal sebagai guru tarekat. Tarekat yang Mama Sempur pegang adalah Tarekat Ngaji, sebagaimana  yang diungkapkan dalam karyanya yang berjudul Futuhatut Taubah Fi Shidqi Tawajuhit Thoriqoh pada halaman 47-49:

“Tarekat yang paling utama pada zaman sekarang dan tarekat yang paling dekat dengan wushul kepada Allah yaitu thalab ilmi, benar, dan ikhlas.” 

Pernyataan Mama Sempur tersebut dikutip dari jawaban seorang Mufti Syafiiyah Syekh Muhammad Sayyid Babashil yang mendapat pertanyaan seputar tarekat dari Syekh Ahmad Khatib. Dialog kedua ulama tersebut dikutip Mama Sempur dalam Kitab Idzharu Zughlil Kadzibin halaman 61. 

Selain itu, dalam salah satu kitabnya, Mama Sempur juga menyatakan bahwa hukum masuk dalam salah satu tarekat mu'tabarah bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan yang sudah mukallaf adalah fardhu ain. 

Karena itu, menurut salah satu riwayat, Mama Sempur pun tetap menganut tarekat mu'tabarah, dan tarekat yang dianutnya adalah Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah. 

 

Dengan ilmunya yang tinggi, Mama Sempur kemudian menjadi seorang tokoh agama Islam yang disegani dan terkemuka di nusantara. Karena itu, tidak heran jika sampai sekarang makamnya banyak dikunjungi peziarah, yang letaknya di Sempur, Plered, 14 kilometer dari Kota Purwakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement