Jumat 01 Jan 2021 00:01 WIB

Kiai Ma’ruf Ajak Bertafakur di Malam Pergantian Tahun Baru

Selain bertafakur, Kiai Ma'ruf juga ajak rakyat bersyukur dan berdoa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Reiny Dwinanda
Wakil Preside RI Maruf Amin menyampaikan sambutan pada acara Doa Untuk Bangsa yang digelar secara virtual oleh Republika, Kamis (31/12) malam.
Foto: Republika
Wakil Preside RI Maruf Amin menyampaikan sambutan pada acara Doa Untuk Bangsa yang digelar secara virtual oleh Republika, Kamis (31/12) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan tausyiah dalam acara bertajuk “Doa Untuk Bangsa” yang digelar Harian Republika secara virtual pada Kamis (31/12) malam. Pada malam pergantian tahun baru ini, Kiai Ma’ruf mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bertafakur, bersyukur, dan berdoa.

Dalam memontum pergantian tahun baru, menurut Kiai Ma’ruf, selama ini didentik dengan perayaan dan selebrasi. Namun, tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya Covid-19 dengan segala dampaknya.

Baca Juga

“Walaupun demikian, kita tidak boleh menyerah dan berputus asa. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pergantian tahun ini kita manfaatkan untuk bertafakur, bersyukur dan berdoa,” ujar Kiai Ma’ruf.

Menurut Kiai Ma’ruf, masyarakat Indonesia harus bertafakur untuk berintrospeksi atas kekurangan dan kelemahan guna memperbaiki diri. Ia juga mengajak masyarakat bersyukur atas keberhasilan yang diraih dan atas keselamatan diri, keluarga, dan bangsa.

 

“Dan berdoa untuk memohon petunjuk serta lindungan Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, agar harapan, rencana, langkah ke depan dapat memberikan hasil, manfaat, dan maslahat yang lebih baik lagi dari sebelumnya,” ucapnya.

Selain itu, mantan Ketua Umum MUI Pusat ini mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menguatkan niat dan tetap bersemangat untuk bekerja lebih baik.

“Mari kita kuatkan niat dan semangat untuk bekerja lebih baik dalam memasuki tahun 2021 yang penuh tantangan dengan keyakinan bahwa segala rintangan akan berhasil kita atasi dengan baik melalui kerja sama, sinergi, dan kolaborasi yang lebih erat antar semua elemen masyarakat dan bangsa,” kata Kiai Ma’ruf.

Harian Republika kembali menggelar acara malam pergantian tahun 2020 bertajuk "Doa Untuk Bangsa". Acara tersebut diadakan secara vrtual dan disiarkan secara live di Republika.co.id, akun Republika Official di Youtube, fanpage Republika Online di Facebook, dan akun Republika Online di Tiktok, pada Kamis (31/12) pukul 21.00-23.55.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement