Kamis 31 Dec 2020 14:12 WIB

NU Peduli Covid-19 Gelar Refleksi Akhir Tahun

Satgas NU Peduli Covid-19 menggelar Refleksi Akhir Tahun.

Satgas NU Peduli Covid-19 menggelar Refleksi Akhir Tahun sekaligus Peluncuran Car of Covid-19 Care (Mobil edukasi keliling CoC) dan Satgas Award di Kantor PBNU Jakarta, Kamis (31/12).
Foto:

Pemulasaran jenazah Covid-19

Langkah ini untuk memastikan prosedur sesuai protokol RS dan hasil Bahtsul Masail NU dan MUI dengan pemantauan oleh kiai melalui pelibatan tokoh agama dalam kesesuaian dengan syariat. Pelayanan yang dilakukan satgas secara nasional saat ini sebanyak 89 orang jenazah. Tim menggunakan  APD memantau  proses dari tayamum, kafan, mensholatkan, menguburkan

Bahtsul masail Covid-19

Kegiatan ini menghasilkan 10 Fatwa (Fiqih Sholat Dokter Dengan APD Sholat jumat saat Covid, Pemulasaran jenazah Covid.

Sembako Fintech

Program ini dilakukan bekerjasama dengan fintech dalam bentuk bantuan melalui warung-warung lokal yang ddi dalamnya terdapat dashboard pemantauan distribusi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh LPBI dengan Technical Assistance DFAT dan juga oleh LAZISNU. Total penerima manfaat sembako yaitu 1.431.475 orang.

 

Aplikasi  SalamDoc

Ini adalah program RMI bekerjasama dengan PDNU dan Cronos dengan meluncurkan aplikasi telemedicine gratis dibayarAl-Fatihah pertama di dunia. Aplikasi dipersembahkan untuk pesantren agar memiliki akses ke dokter  secara gratis. Sampai dengan 15 Desember terdapat 93 dokter dan 767 Pesantren di dalamnya.

 

Dr. Makky menyampaikan juga bahwa saat ini ada 22 Rumah sakit NU yang merawat pasien Covid-19. Sementara total nominal dana semua aktivitas NU Peduli Covid-19 mencapai 600 Miliar yang terdiri dari Satgas Pusat 100 milir rupiah dan daerah 500 Miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk ekonomi 20%, sosialisasi promosi kesehatan 30%, logistik 50%, dan penerima manfaat 70 juta orang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement