Rabu 02 Dec 2020 19:41 WIB

Peta Baru Aliansi Dunia Islam, Negara Teluk dan Turki?

Peta aliansi negara-negara Islam sangat dinamis

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Peta aliansi negara-negara Islam sangat dinamis. Bendera Pakistan.
Foto:

Hal yang akan ditafsirkan Pakistan sebagai dukungan UEA terhadap Arab Saudi, UEA pekan lalu memasukkan Pakistan dalam daftar larangan perjalanan Muslim, sebagaimana kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.  

Pencantuman dalam daftar 13 negara Muslim yang warganya tidak lagi diberikan visa untuk bepergian ke UEA meningkatkan tekanan pada Pakistan. Sebab Pakistan sangat bergantung pada ekspor tenaga kerja untuk menghasilkan pengiriman uang dan mengurangi pengangguran. 

Beberapa orang Pakistan khawatir bahwa peningkatan potensial dalam hubungan Arab Saudi-Turki dapat membuat negara mereka jatuh melalui celah geopolitik. 

Dalam pertemuan tatap muka pertama antara pejabat senior Arab Saudi dan Turki sejak pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada Oktober 2018 di konsulat kerajaan di Istanbul, menteri luar negeri kedua negara, Pangeran Faisal bin Farhan dan Mevlut Cavusoglu, mengadakan pembicaraan bilateral ini akhir pekan, di sela-sela konferensi OKI di negara bagian Niger di Afrika. 

“Kemitraan Turki-Arab Saudi yang kuat tidak hanya menguntungkan negara kami tetapi juga seluruh kawasan," kata Cavusoglu setelah pertemuan tersebut. 

Pertemuan tersebut terjadi beberapa hari setelah Raja Arab Saudi Salman menelpon Erdogan. Komunikasi itu dilakukan pada malam pertemuan virtual yang diselenggarakan Arab Saudi, G20, yang menyatukan poros ekonomi terbesar di dunia. "Dunia Muslim sedang berubah dan aliansi bergeser dan memasuki wilayah baru yang belum dipetakan," kata analis Sahar Khan.  

Ditambahkan Imtiaz Ali, seorang analis lain. "Dalam jangka pendek, Riyadh akan terus mengeksploitasi kerentanan ekonomi Islamabad. Tetapi dalam jangka panjang, Riyadh tidak dapat mengabaikan kebangkitan India di kawasan itu, dan kedua negara dapat menjadi sekutu dekat, sesuatu yang akan kemungkinan besar meningkatkan ketegangan pada hubungan Pakistan-Arab Saudi," kata Ali.

Sumber: https://www.eurasiareview.com/01122020-muslim-worlds-changing-dynamics-pakistan-struggles-to-retain-its-footing-analysis/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement