Senin 09 Nov 2020 20:55 WIB

LPBI NU Gelar Sosialisasi Cegah Covid-19 di Rumah Ibadah

Sosialisasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan kewaspadaan patuh protokol.

LPBI NU Gelar Sosialisasi Cegah Covid-19 di Rumah Ibadah. Pengurus masjid menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid A. Ilustrasi, Ahad (4/10). Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan pengurus m
Foto: Republika/Thoudy Badai
LPBI NU Gelar Sosialisasi Cegah Covid-19 di Rumah Ibadah. Pengurus masjid menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid A. Ilustrasi, Ahad (4/10). Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan pengurus m

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di rumah-rumah ibadah sebagai bagian dari Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi (PKMM) Covid-19 dan Adaptasi Tatanan Baru.

"Sosialisasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan kewaspadaan mematuhi protokol kesehatan, dengan membiasakan diri hidup bersih yakni dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak serta menjaga kebersihan diri termasuk kebersihan lingkungan rumah ibadah," kata Ketua LPBI NU M. Ali Yusuf dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (9/11).

Baca Juga

Selain itu, melalui sosialisasi tersebut M. Ali Yusuf berharap para pengurus masjid, gereja dan pura dapat mengajak dan mengimbau masyarakat untuk patuh menerapkan protokol kesehatan saat beribadah. Ia juga mendorong para umat beragama dapat terus menjaga kebersihan diri dan rumah ibadah sebagai bagian dalam pencegahan penularan Covid-19.

Sosialisasi tersebut dilakukan di sembilan kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Direktur Program PKMM COVID-19 LPBI NU Yayah Ruchyati dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada para pelaksana program PKMM Covid-19 agar dapat terus bekerja sama dengan tokoh agama dan masyarakat bergotong royong menghadapi Covid-19.

 

Selain lewat rumah-rumah ibadah, LPBI NU juga melakukan sosialisasi dengan berbagai medium seperti poster, banner dan baliho yang dipasang di beberapa lokasi strategis di tingkat RW di setiap desa, kelurahan atau dusun penerima manfaat program tersebut.

Sejauh ini sosialisasi telah dilakukan di Masjid Al-Amal Kelurahan Betet di Kota Kediri, Masjid Baitul Muslimin Desa Sumberrejo dan Masjid Nurul Huda Desa Manaruwi di Kabupaten Pasuruan serta Masjid Baitul Hamid Desa Plumbungan di Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, sosialisasi dilakukan juga di Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Desa Wirotaman di Kabupaten Malang dan Gereja Bethel Tabernekel (GBT) Kristus Ajaib Desa Sumberejo di Kabupaten Pasuruan. LPBI NU juga melakukan sosialisasi di Pura Pancor Munjuk Desa Batu Kumbung di Kabupaten Lombok Barat, NTB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement