Senin 26 Oct 2020 23:33 WIB

Ragam Cara Warga Muslim Arab Kecam Presiden Prancis Macron

Warga Muslim Arab mempunyai cara beragam kutuk jeras Macron.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
 Seorang anak memegang foto Presiden Prancis Emmanuel Macron, dicap dengan tanda sepatu, selama protes terhadap Prancis di Istanbul, Minggu, 25 Oktober 2020. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu menantang Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi terhadap negaranya sekaligus meluncurkan serangan kedua terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron. Berbicara sehari setelah dia menyarankan Macron membutuhkan perawatan kesehatan mental karena sikapnya terhadap Islam dan Muslim, yang mendorong Prancis menarik duta besarnya untuk Ankara, Erdogan membidik kritik asing
Foto:

Seruan simbolis untuk boikot juga terjadi di Bab Al-Hawa, titik perlintasan perbatasan di barat laut  Suriah, di tangan para pemberontak. Demonstrasi juga diselenggarakan di berbagai wilayah di luar kendali Damaskus, diperinci kepada Agence France-Presse Rami Abdel Rahmane, Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, dengan menyebutkan bahwa potret Tuan Macron telah dibakar.  

Para pria melampirkan tanda yang mengutuk Presiden Prancis Emmanuel Macron atas komentarnya tentang kartun Nabi Muhammad di Kota Idlib yang dikuasai pemberontak di Suriah barat laut pada 25 Oktober.  

Di  Yordania, Menteri Urusan Islam memperkirakan bahwa menyinggung para nabi bukan kebebasan pribadi tetapi kejahatan yang mendorong kekerasan. Di  Lebanon, demonstrasi yang direncanakan di depan kedutaan Prancis tidak seperti hari sebelumnya menarik siapa pun, selain dari puluhan tentara dan pasukan pengendali kerusuhan. 

Di  Kuwait, Menteri Luar Negeri, Sheikh Ahmed Nasser Al-Mohammed Al-Sabah,  bertemu dengan Duta Besar Prancis Anne-Claire Legendre. Mereka berbicara tentang kejahatan keji yang diderita oleh seorang guru bahasa Prancis, menurut siaran pers Kuwait, menyebutkan bahwa menteri telah menggarisbawahi  Pentingnya mengakhiri serangan terhadap agama monoteistik dan nabi dalam pidato resmi tertentu  kemungkinan besar untuk memperburuk kebencian. 

photo
Seorang warga Muslim berjalan melewati tulisan penghinaan rasial yang dilukis di dinding masjid di kota Saint-Étienne di Prancis tengah. - (google.com)

Di Irak, Rabaa Allah, yang terbaru dari faksi-faksi bersenjata pro-Iran, mengatakan dia siap untuk meniru, tanpa rincian lebih lanjut, setelah apa yang disebutnya Penghinaan terhadap satu setengah miliar orang.  

Di  Pakistan Perdana Menteri Imran Khan menuduh Macron Menyerang Islam. "Bisa saja memainkan peredaan daripada menciptakan polarisasi tambahan dan marginalisasi yang pasti mengarah pada radikalisasi. tweetnya.  

Konteks tersebut disertai dengan ketegangan baru dalam hubungan antara Paris dan Ankara. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah mengecam sebagai provokasi dua pekan  lalu atas pernyataan Macron tentang  separatisme Islam  dan kebutuhan untuk  menata Islam di Prancis, sementara eksekutif Prancis mempresentasikan RUU di masa depan tentang hal ini. Sejak akhir pekan ini, dia juga mengkritik posisinya di kartun Nabi Muhammad.

 

Sumber:  https://www.syriahr.com/en/189765/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement