Sabtu 29 Aug 2020 11:33 WIB

Paus Pius XII Menyembunyikan Anak Yatim Piatu Holocaust

Paus Pius XII menyembunyikan anak yatim piatu Holocaust dari keluarg

Paus Pius XII dalam foto tak bertanggal.
Foto: timesofisraek
Paus Pius XII dalam foto tak bertanggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JTA - "Vatikan sama-sama berjuang dalam upaya untuk menyatukan kembali dua anak yatim piatu Holocaust dengan kerabat mereka. Dan, mendesak Paus Pius XII untuk tidak memprotes deportasi Yahudi Italia oleh Nazi," demikian temuan sejarawan Brown University David I. Kertzer.

Kertzer mempublikasikan hasil penyelidikannya terhadap dokumen Vatikan yang disegel pada Maret dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Atlantic pada hari Kamis lalu.

Dia meninjau kembali kisah terkenal tentang anak kembar Yahudi Robert dan Gérald Finaly, yang diculik dan dibaptis oleh pendeta Katolik Prancis. Angelo Dell’Acqua, seorang pejabat Sekretariat Negara Vatikan yang kemudian menjadi kardinal Roma, memainkan peran kunci dalam penyelundupan si kembar Finaly dari Prancis ke Spanyol.

Itu terjadi setelah hakim Prancis memerintahkan anak laki-laki, yang bersembunyi dari Nazi di sebuah biara Katolik, untuk diserahkan kepada bibi mereka. Itu akhirnya terjadi pada tahun 1953, dan si kembar sekarang tinggal di Israel.

 

Seperti dikutip dari laman timesofisrael.com, Pius XII telah lama dituduh menutup mata terhadap Holocaust, yang terjadi di awal tugasnya selama hampir 20 tahun sebagai paus. Bahkan ini terus dilakukan hingga kematiannya pada tahun 1958.

Temuan Kertzer menambah kesan yang diterima secara luas ini. Mereka termasuk sebuah memorandum yang menasihati Pius agar tidak secara resmi memprotes penangkapan sekitar 1.000 orang Yahudi di Roma pada tahun 1943 untuk dideportasi ke Auschwitz.

"Dell’Acqua menasihati Pius XII untuk berbicara secara pribadi dengan duta besar Jerman tentang penangkapan tersebut dalam sebuah ceramah "merekomendasikan kepadanya bahwa situasi yang sudah suram orang Yahudi tidak diperburuk lebih lanjut," kata Kertzer.

Namun dia meminta paus untuk tidak memprotes tindakan tersebut di depan umum.

---------

Sumber: https://www.timesofisrael.com/vatican-under-pope-pius-xii-hid-holocaust-orphans-from-family-historian-says/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement