Selasa 28 Jul 2020 06:39 WIB

Anjuran dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Terdapat adab dalam melakukan sholat Idul Adha.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Anjuran dan Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Adha. Ilustrasi
Foto:

Berikut tata cara pelaksanaan sholat Idul Adha.

  1. Pada rakaat pertama, hendaklah imam dan makmum bertakbir tujuh kali selain Takbiratul Ihram. Di antara masing-masing takbir itu disunnahkan membaca, 'Subhaanallahi wal hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar'. Artinya: Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan kecuali Allah, Allah Mahabesar.
  2. Pada rakaat pertama, setelah membaca surah Al-Fatihah, disunahkan bagi imam untuk membaca surah Al-A'la atau surah Qaf dengan suara yang keras. Kemudian melakukan rukuk dan sujud sebagaimana sholat lima waktu.
  3. Pada rakaat kedua setelah bangkit dari sujud, takbir dilakukan sebanyak lima kali. Di antara takbir tersebut disunahkan membaca doa sebagaimana pada rakaat pertama.
  4. Pada rakaat kedua, setelah membaca surah Al-Fatihah, disunahkan bagi imam untuk membaca surah Al-Ghasyiyah atau Asy-Syams dengan suara keras. Kemudian, melakukan ruku dan sujud sebagaimana sholat lima waktu dan diakhir dengan salam.
  5. Setelah selesai mengerjakan sholat, hendaklah imam atau khatib berdiri untuk berkhutbah. Khutbah dilakukan dengan dua kali khutbah dan dan sekali duduk di antara dua khutbah. Di sela-sela khutbahnya, hendaklah khatib mengumandangkan takbir dan disunahkan baginya mengawali khutbah dengan takbir.

Adapun niat sholat Idul Adha sebagai berikut.

"Ushalli sunnata li'idil-adha rak'ataini imaman/ma'muman lillahi ta'ala. Allahu akbar."

Artinya: Saya berniat sholat Idul Adha dua rakaat jadi imam/makmum karena Allah. Allah Mahabesar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement