Ahad 26 Jul 2020 03:21 WIB

Rumah Zakat Adakan Penyuluhan dan Pendamping Kelompok Ternak

Diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para peternak

Rumah Zakat gelar pendampingan dan penyuluhan kelompok ternak.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat gelar pendampingan dan penyuluhan kelompok ternak.

REPUBLIKA.CO.ID, OGAN ILIR -- Relawan Rumah Zakat bekerja sama dengan dinas peternakan Ogan Ilir mengadakan kegiatan penyuluhan kepada kelompok ternak sapi binaan Rumah Zakat Desa Berdaya Talang Balai Baru, Kecamatan Tanjung Raja, Kamis (23/7). Kegiatan ini di hadiri 4 orang penerima manfaat  program ternak sapi, 2 orang dinas terkait dan relawan.

Selain itu Rumah Zakat melalui relawan juga memberikan bantuan vitamin dan obat. Bantuan ini merupakan bagian dari Program Desa Berdaya Kolaborasi antara Rumah Zakat dengan PT Rosarum Cindo.

Baca Juga

Pemberian vitamin dan obat cacing dibantu langsung oleh Syarif, S. Pt dari Penyuluh Peternakan Dinas Ogan Ilir. Vitamin diberikan untuk membantu pertumbuhan ternak sapi, sedangkan obat cacing mencegah cacingan pada sapi.

Vitamin diberikan dengan cara diinjeksikan pada bagian tubuh sapi. Obat cacing yang diberikan berupa pil tablet. Ada 4 ekor sapi yang diberikan pil cacing dan dua ekor sapi yang disuntik vitamin.

Untuk dua sapi betina yang sedang hamil tidak diberikan suntikan vitamin karena dikhawatirkan mengganggu kehamilannya, diperkirakan awal tahun melahirkan. Satu sapi jantan pembesaran milik penerima manfaat sudah siap dijual untuk hewan qurban.

Dengan kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para penerima manfaat dalam menjaga dan memelihara hewan ternaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement