Jumat 26 Jun 2020 08:14 WIB

Masjid Shanti Nagar India Sediakan Fasilitas Medis Covid-19

Fasilitas Covid-19 di Masjid Shanti Nagar India untuk semua kalangan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Fasilitas Covid-19 di Masjid Shanti Nagar India untuk semua kalangan. Ilustrasi bendera India.
Foto: IST
Fasilitas Covid-19 di Masjid Shanti Nagar India untuk semua kalangan. Ilustrasi bendera India.

REPUBLIKA.CO.ID, BHIWANDI – Sebuah Masjid di Shanti Nagar, Bhiwandi, India mengubah sebagian ruangannya menjadi tempat perawatan bagi pasien Covid-19. Bahkan Masjid itu juga menyediakan oksigen gratis bagi pasien positif Covid-19.   

Seperti dilansir Hindustan Times pada Jumat (26/6), Masjid Makkah di Bhiwandi bersama dengan Jamaat e Islami Hind sebuah gerakan perdamaian dan keadilan yang telah mendirikan fasilitas perawatan bagi pasien covid-19 antara lain dilengkapi dengan lima tempat tidur lengkap dengan tabung oksigen. 

Baca Juga

Masjid Makkah juga menyimpan tabung oksigen cadangan yang bisa dibawa pulang pasien covid-19 yang merasa sulit bepergian.  

"Kami memulai fasilitas ini seminggu lalu. Dengan bantuan media sosial, kami telah berhasil menjangkau dan menciptakan kesadaran di antara penduduk setempat. Hingga saat ini, lebih dari 80 orang telah menggunakan fasilitas ini" kata Anggota Jamaat e Islami Hind, Shaheen Kalokhe.   

Kalokhe juga menjelaskan bahwa terdapat dokter lokal yang menangani pasien Covid-19 di ruang perawatan itu. Fasilitas perawatan pasien Covid-19 di Masjid Makkah telah memesan 10 tabung oksigen agar bisa digunakan secara gratis oleh pasien covid-19 di rumahnya secara bergantian.   

Sejauh ini Masjid Makkah masih tertutup bagi jamaah. Karena itu sebagian ruangan Masjid difungsikan sebagai ruang perawatan pasien Covid-19. 

"Masjid Makkah tertutup bagi jamaah dan tak bisa kemana-mana karena pandemi Covid-19 dan penguncian. Kami memutuskan untuk menggunakan bangunan masjid guna membantu mereka yang tidak dapat memperoleh fasilitas perawatan di tempat lain," kata pengurus Masjid Makkah, Qaiser Mirza.   

Terdapat 395 kasus positif Covid-19 di Bhiwandi dengan total 21 kematian pada 12 Juni. Hanya dalam 13 hari, kota Bhiwandi mencatat lonjakan kasus signifikan. Sehingga pada 25 Juni jumlah kasus positif mencapai 1.332 kasus dengan 88 kematian. Hal itu membuat otoritas setempat memberlakukan penguncian wilayah hingga 3 Juli mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement