Kamis 11 Jun 2020 06:47 WIB

Pesan Umar Bin Khattab Jika Zaman Sudah Rusak

Jika zaman sudah rusak, Umar bin Khattab memberikan nasihatnya untuk umat.

Pesan Umar bin Khattab Jika Zaman Sudah Rusak. Foto ilustrasi: Umar bin Khattab
Foto: Al Arabiya
Pesan Umar bin Khattab Jika Zaman Sudah Rusak. Foto ilustrasi: Umar bin Khattab

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Umar bin Khattab RA merupakan salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang mahsyur. Bahkan, dia adalah salah satu sahabat yang dijamin masuk surga.

Umar juga merupakan salah seorang sahabat Nabi yang menjadi khalifah. Ketika tampuk kepemimpinan umat Islam ada di bawah tangannya, perhatiannya kepada umat sangat terasa.

Baca Juga

Tidak hanya kepemimpinan dalam masa damai, dia juga memberi pesan kepada umat jika menghadapi zaman yang rusak. Dikutip dari buku Sang Legenda Umar bin Khattab karya Yahya bin Yazid al-Hukmi Al Faifi, berikut ini adalah pesan Umar bin Khattab jika zaman sudah rusak.

"Jika zaman sudah rusak, jagalah jangan sampai orang-orang bersuuzan (buruk sangka) terhadap kebenaran. Janganlah orang Muslim memberi alasan kepada orang yang berbuat gibah walaupun yang dikatakan itu benar! Jangan pernah membantu niat gibahnya meskipun untuk kebaikan dan kejujuran! Sebab, perbuatan itu adalah adab yang tercela dan tidak menjaga diri dan kepribadian. Sungguh penggibah yang jujur pasti membuka dan menyingkap keburukan yang ditutupi-tutupi, menginjak hal yang dihormati, tidak memelihara harga diri dan kehormatan orang lain."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement