Senin 08 Jun 2020 20:26 WIB

Baznas Komitmen Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik

Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada kinerja amil dan amilat Baznas.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Fakhruddin
Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) M Arifin Purwakananta
Foto: Ist
Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) M Arifin Purwakananta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020. Penghargaan ini merupakan sebuah penghargaan berskala internasional dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) untuk lembaga yang memiliki tata kelola yang baik dan komitmen pada kesejahteraan sosial.

Penganugrahan ini disiarkan langsung dari London melalui kanal Facebook dan YouTube resmi Cambridge IFA, Senin (8/6), pukul 9.30 pagi waktu setempat. Baznas berhasil memenangkan kategori Sustainable Development Goals (SDGs).

Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi kepada kinerja amil dan amilat Baznas di seluruh lini. Penghargaan ini, kata Arifin, juga merupakan penghargaan atas berbagai upaya Baznas dan LAZ di seluruh Indonesia dalam berkomitmen meningkatkan kualitas hidup orang orang kurang beruntung melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

“Saya berharap penghargaan ini juga dapat mendorong syiar zakat yang lebih luas ke tengah masyarakat dunia, akan peran pentingnya konsepsi zakat digali dan diterapkan sehingga menjadi jawaban atas berbagai persoalan kemiskinan dan tantangan keberlanjutan ummat manusia,” tutur Arifin saat dihubungi Republika.co.id, Senin (8/6).

Sebelumnya, Ketua Baznas, Prof Dr H Bambang Sudibyo, MBA CA mengatakan, ini merupakan kali kedua Baznas mengantongi penghargaan serupa pada 2019 lalu. Dia juga menyampaikan apresiasi untuk seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi menyukseskan program-program Baznas.

“Terima kasih kepada Cambridge IFA untuk penghargaan 3G SDGs Champion Award 2020. Terima kasih kepada para komisioner Baznas, jajaran direksi, sekretaris dan seluruh amil dan amilat Baznas yang bekerja keras dan penuh motivasi tinggi sehingga membuat Baznas mampu mempertahankan penghargaan ini,” kata Bambang dalam sambutan virtualnya yang dikutip di Cambridge IFA, Senin (8/6).

“Kami juga mengapresiasi para muzaki yang telah mempercayakan amanahnya ke Baznas, sehingga memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi mustahik,” sambungnya.

Berkaitan dengan program SDG’s, pada 2019, Baznas juga menerima penghargaan Padmamitra Award 2019 dari Pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bersama Forum CSR DKI. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi profit maupun non profit yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Baznas juga memenangkan Padmamitra Award 2019 untuk kategori "Keberlanjutan Dalam Rantai Nilai Organisasi" berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang telah terasa dampaknya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement