Senin 08 Jun 2020 15:25 WIB

Pakistan akan Renovasi Masjid Bersejarah di Eminabad

Masjid Eminabad Gujranwala dibangun pada abad ke-14.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Pakistan akan renovasi salah satu masjid bersejarah di Eminabad.
Foto: tribune.com.pk
Pakistan akan renovasi salah satu masjid bersejarah di Eminabad.

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE – Departemen Arkeologi Punjab Pakistan telah memutuskan untuk melestarikan sisa-sisa masjid bersejarah, berusia lima setengah abad di Eminabad, Gujranwala.

Masjid yang menyerupai Masjid Babri dibangun keluarga Lodhi pada 1451 silam. Bahkan sebelum pembentukan Pakistan, ada beberapa sisa-sisa masjid yang masih dipertahankan.

Baca Juga

Adapun Kota Eminabad merupakan pewaris peradaban dan arsitektur Muslim, Sikh, dan Hindu. Ini termasuk tiga kuil Siwa tertua, Gurudwara Rori Sahib dan Masjid Usmani. Masjid-masjid dan kuil-kuil dalam kondisi yang begitu bobrok.

Seorang penduduk Eminabad, Adeel Ahmad, mengatakan masjid merupakan mahakarya arsitektur, karena tidak ada pilar dan lampion yang digunakan dalam pembangunannya. 

Dia mengatakan, reruntuhan masjid ada dalam kondisi yang sama bahkan sebelum berdirinya Pakistan. "Hari ini, hanya bagian tengah masjid yang berdiri, kubahnya dapat dilihat dari jauh. Ini adalah salah satu masjid tertua di Pakistan. Ada kolam besar di dekat masjid dan reruntuhan wisma kerajaan berjarak beberapa meter dari kolam," kata Ahmad dilansir dari laman Express Tribune Senin (8/6). 

Direktur Departemen Arkeologi Punjab, Malik Maqsood, mengatakan ada jejak situs arkeologis dari ratusan bangunan di Punjab. Bangunan yang paling penting telah dilestarikan dan direnovasi.

"Rencana kami adalah membangun tembok di sekitar masjid dan memasang gerbang untuk melestarikan monumen yang ada. Begitu dana dikeluarkan, pekerjaan akan dimulai," ucap Maqsood.

Di samping itu, banyak cerita menarik terkait dengan masjid. Warga setempat menyatakan bahwa itu merupakan makam seorang gadis bernama Eman, yang mati syahid saat memberikan air kepada tentara dalam pertempuran.

Namun, tidak ada yang tahu mengenai pertempuran itu dan siapa yang bertarung. Menurut penduduk setempat, kota itu dinamai Eminabad berkaitan dengan gadis tersebut.

Akan tetapi para arkeolog tidak mendukung klaim tersebut. Turis dari daerah terdekat biasanya mengunjungi reruntuhan pada hari libur. Selain mereka, ketika peziarah Sikh dari berbagai negara, termasuk India, mengunjungi Gurudwara Rori Sahib, mereka juga mengunjungi reruntuhan itu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement