Selasa 26 May 2020 20:22 WIB

Di Tengah Pandemi, Zakat Ramadhan DD Naik

DD berupaya meningkatkan volume transaksi berbasis digital.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: wahidah
 Ilustrasi: DD bersama Wardah memberikan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan.
Foto: Dompet Dhuafa
Ilustrasi: DD bersama Wardah memberikan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meski di tengah masa pandemi, penghimpunan zakat Dompet Dhuafa (DD) selama bulan Ramadhan lalu meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

‘’Ramadhan 1441 H/2020 M, Alhamdulillah dalam kondisi pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa masih mendapatkan amanah dari Allah SWT, terhimpun sebesar Rp 105 miliar dengan pertumbuhan 16,32 persen dibandingkan tahun lalu," ungkap Direktur Eksekutif DD, Imam Rulyawan kepada Republika.co.id, Selasa (26/5).

Ia melanjutkan, DD terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan penghimpunan zakat, infak, sedekah (ZIS), sehingga bisa terus memberdayakan para mustahik, terutama mereka yang terdampak langsung akibat lesunya ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

DD juga meningkatkan berbagai program yang terstruktur dalam beberapa skema pemulihan ekonomi. Hal ini penting mengingat ekonomi merupakan sendi kehidupan masyarakat dalam melanjutkan keberlangsungan hidupnya.

Plt Direktur Resources Mobilisasi DD sekaligus Ketua Ramadhan DD 144I H Doni Marlan menerangkan, pada Ramadhan lalu pihaknya berupaya meningkatkan volume transaksi berbasis digital melalui kerja sama yang lebih lebih kuat dengan beberapa perusahaan platform pembayaran dan keuangan lokal Indonesia, seperti OVO, Link Aja, Go Pay, DANA, Paytren, Finpay, CIMB NIAGA, BCA, Bank Mega, Maybank, dan Bank DKI.

‘’Layanan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf, cukup dengan ponsel," ucap Doni.

Selama Ramadhan tahun ini, DD menggencarkan syiar zakat kepada masyarakat. Doni bersyukur, berbagai upaya tersebut berhasil meningkatkan transaksi, terutama transaksi zakat fitrah.

DD, lanjut Doni, juga terus berinovasi dan memberikan kemudahan dengan berbagai layanan donasi yang dapat dijangkau oleh semua elemen masyarakat.

"Yang jelas di tengah pandemi Covid-19 ini menjadi pelajaran berharga bagi kami untuk terus menebarkan kebaikan serta menyiapkan berbagai kanal layanan donasi, sehingga masyarakat dapat merasakan layanan berdonasi dengan mudah selayaknya jari menari di layar ponsel mereka.’’

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement