Kamis 14 May 2020 18:11 WIB

Menag: Muslim Antusias Sambut Doa Bersama Sedunia

Doa Bersama Sedunia digelar secara virtual bersama Grand Syekh Al Azhar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Menag: Muslim Antusias Sambut Doa Bersama Sedunia, Menteri Agama Fachrul Razi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menag: Muslim Antusias Sambut Doa Bersama Sedunia, Menteri Agama Fachrul Razi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangsa Indonesia terutama umat Islam sangat antusias menyambut doa bersama sedunia yang diinisiasi Syekh Al-Azhar Prof Ahmad At-Thoyyib. Hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi saat mengikuti Doa Bersama Untuk Kemanusiaan yang diselenggarakan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) bersama Komite Tinggi Persaudaraan Kemanusiaan, Kamis (14/5).

Fachrul mengatakan, atas nama pemerintah Indonesia menyambut baik atas terselenggaranya acara doa bersama secara virtual ini. Terlebih kegiatan doa bersama ini diprakarsai oleh Wantim MUI dan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Baca Juga

"Ketika Grand Syekh Al-Azhar menyeru dan mengajak dunia berdoa kepada Allah SAW agar dunia terbebas dari wabah Covid-19, bangsa Indonesia terutama umat Islam sangat antusias menyambutnya," kata Menag saat Doa Bersama Untuk Kemanusiaan, Kamis (14/5).

Ia menyampaikan, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru saja selesai menyelenggarakan Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan. Acara tersebut diikuti oleh presiden, wakil presiden, para menteri dan pimpinan lembaga negara.

 

Doa bersama yang diselenggarakan pemerintah ini juga diikuti tokoh-tokoh agama tingkat nasional perwakilan dari semua agama. Di antaranya perwakilan dari agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghuchu.

photo
Grand Syekh Al Azhar Prof Ahmad At-Thoyyib- (Dok: Al Azhar)

"Alhamdulillah acara terlaksana dengan baik dan khidmat, semoga Allah mengabulkan doa kami itu yang kita panjatkan pada kesempatan ini untuk membebaskan umat manusia dari acaman pandemi Covid-19, sehingga kehidupan dapat kembali berjalan dengan aman, damai dan sentosa," ujarnya.

Doa bersama yang digelar Wantim MUI ini dalam rangka menyambut seruan berdoa serentak di seluruh dunia pada 14 Mei 2020 dari Syekh Al-Azhar Prof Ahmad At-Thoyyib. Doa bersama ini dimaksudkan memohon pertolongan Sang Pencipta Yang Maha Kuasa untuk memberi kekuatan lahir dan batin kepada umat manusia supaya bisa membebaskan diri dari pandemi Covid-19.

Sejumlah ulama terkemuka dari Indonesia menyampaikan tausiyah singkat dan memanjatkan doa bagi umat manusia agar selamat dari virus yang berbahaya ini. Grand Syekh Al-Azhar juga menyampaikan pesan-pesannya melalui tayangan video. Hadir pula Duta Besar Republik Indonesia Untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam acara doa bersama tersebut.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement