Kamis 14 May 2020 12:17 WIB

Dompet Dhuafa dan Tokopedia Salam Peduli Anak masa Pandemi

Dompet Dhuafa bagikan paket school kita untuk anak di Rumah Tahfidz Daarul Huffaz

Tim Dompet Dhuafa melalui LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat) menyalurkan 20 paket School Kit untuk para santri maupun santriwati Rumah Tahfidz Da
Foto: Dompet Dhuafa
Tim Dompet Dhuafa melalui LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat) menyalurkan 20 paket School Kit untuk para santri maupun santriwati Rumah Tahfidz Da

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dampak yang ditimbulkan wabah covid 19 sangat mempengaruhi psikologis lapisan masyarakat dalam menjalani hidup bermasyarakat. Seruan gerakan social distancing (pembatasan sosial) untuk mencegah penularan  Covid-19 turut menjangkau anak-anak.

Untuk itu, Tim Dompet Dhuafa melalui LPM (Lembaga Pelayanan Masyarakat) menyalurkan 20 paket School Kit untuk para santri maupun santriwati Rumah Tahfidz Da'arul Huffaz, Kampung Sindang Barang, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Bogor, Kamis (14/5).

Paket School Kit yang di distribusikan antara lain berupa Tas, Alat Tulis, dan Sepatu yang Merupakan hasil donasi kerja sama bersama Tokopedia Salam dari ribuan donatur. Hasil donasi kerja sama Tokopedia Salam ini didistribusikan ke wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah, dan Makassar. Tidak menutup kemungkinan akan merambah ke wilayah lain. Tim Dompet Dhuafa juga menyampaikan donasi amanah donatur tersebut ke beberapa kediaman santri.

Dhoni Marlan, Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa mengatakan, keseluruhan donasi bersama Tokopedia Salam tersebut mencapai sebanyak Rp 469.223.000. Donasi tersebut terbagi dalam donasi paket School Kit, Ifthar Ramadhan, juga paket berbuka puasa untuk Tenaga Medis dalam program Cegah Tangkal (CEKAL) Corona di tengah pandemi Covid-19. Paket School Kit tersebut diberikan agar adik-adik tetap giat belajar meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

Penyaluran Paket school kit disalurkan saat  para santri dalam keadaan berpuasa. Para santri mengaku tas dan sepatu yang mereka miliki sudah usang bahkan rusak dan kerap menggunakan sandal sebagai alas kaki bersekolah. 

Hal tersebut terlihat  di raut wajah  bahagia Abdul Faqih (11). Sembari melayangkan lirikan lugu pada Tim Dompet Dhuafa, Sesekali  Abdul Faqih unjuk diri melantunkan ayat suci di hadapan para santri lainnya.

Begitu juga dengan Lela (7),  lebih pemalu ketika dirinya diajak tampil ke depan seperti santriwati yang lain. Namun Aulia (10), menggantikannya memberanikan diri ke depan mewakili beberapa santriwati yang lain. 

Selain membagikan paket school kit tim Dompet Dhuafa juga menghibur dan menenangkan para santri yang berada di tengah hangatnya keluguan. Meski bulan Ramadan kali harus dilewati dalam suasana berbeda, namun, tetap harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan berlomba-lomba meraih kemuliaan kebaikan.

"Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat ditunggu umat Muslim. Meski kali ini dalam pandemi, ada suasana yang berbeda. Namun tetap kita manfaatkan untuk berlomba-lomba dalam meraih kemuliaan kebaikan, Sebenarnya sudah cukup lama, dari kakek saya dulu yang memulai. Saya tergerak ingin membangkitkan semangat dan bercita-cita mengembangkan adab dan ilmu agama pada anak-anak, khususnya wilayah sekitar sini. Alhamdulillah dari tabungan saya sedari kuliah dulu menjadi bangunan ruang tingkat SD yang ini, sudah jalan tiga tahun,” ungkap Ustadz Muhi, selaku Pimpinan Rumah Tahfidz Da'arul Huffaz.

Di lain sisi, Dompet Dhuafa masih mengajak pengguna e-comerce Tokopedia untuk turut berpartisipasi dalam donasi di Kotak Amal Ramadhan 30 Hari Mencari Berkah melalui aplikasi Tokopedia. Dengan cara membuka aplikasi Tokopedia; pilih button Kotak Amal Ramadhan, Donasi; pilih Dompet Dhuafa sebagai lembaga penyalur dan masukkan nominal donasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement