Kamis 30 Apr 2020 16:00 WIB

ACT Hadirkan Solusi Warga Bekasi Dapat Beras Gratis

ACT hadirkan Humanity Careline yakni layanan distribusi beras gratis berbasis digital

Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi menghadirkan program pemenuhan kebutuhan pangan di masa wabah Covid-19 di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, bernama Humanity Careline.
Foto: ACT
Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi menghadirkan program pemenuhan kebutuhan pangan di masa wabah Covid-19 di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, bernama Humanity Careline.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi menghadirkan program pemenuhan kebutuhan pangan di masa wabah Covid-19 di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, bernama Humanity Careline. Program tersebut merupakan layanan distribusi beras gratis berbasis digital untuk masyarakat yang mengalami kesulitan pangan akibat pandemi Covid-19. 

Layanan Hummanity Careline ini telah berjalan sejak 27 April 2020 di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Dengan kapasitas layanan sebanyak 1,5 ton beras setiap hari, program ini akan memenuhi kebutuhan pangan untuk 300 Kepala Keluarga (KK) setiap harinya atau masing-masing 150 KK di Kota dan Kabupaten Bekasi. 

“Singkatnya, masyarakat yang mengalami kesulitan pangan selama pandemi Covid-19 secara mudah dapat menghubungi Layanan Telepon Bebas Pulsa di nomor 0800-1-165-228, lalu mitra ojek daring akan mendistribusikan beras secara door to door kepada penerima manfaat,” kata Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana, Kamis (30/4).

Ishaq melanjutkan, untuk mendapatkan bantuan beras gratis melalui layanan Humanity Careline, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan masyarakat. “Yang pertama menyampaikan permintaan melalui Layanan Telepon Bebas Pulsa (0800-1-165-228), oleh penerima manfaat atau diwakilkan oleh keluarga, tetangga, tokoh masyarakat atau ketua RT/RW. Setelah proses layanan telepon tersebut, dilakukan proses administrasi data calon penerima manfaat melalui pesan Whatsapp. Kemudian, dilanjutkan dengan proses verifikasi data oleh tim verifikasi untuk menganalisis profil penerima manfaat,” jelas Ishaq. 

Jika lolos proses verifikasi, Ishaq menambahkan, data penerima manfaat terutama lokasi bermukimnya, akan diteruskan kepada tim distribusi yang berlokasi di Kodim 0507 Bekasi dan Koramil 05/09-08 Lemah Abang, Kabupaten Bekasi, untuk kemudian berkoordinasi dengan tim lapangan di titik pengambilan beras. Tim distribusi Humanity Careline juga akan meneruskan data distribusi kepada mitra ojek daring, sehingga pengantaran dapat dilakukan secara cepat dan simultan ke beberapa lokasi sekaligus dalam satu kali pengantaran.

“Layanan telepon bebas pulsa tersebut bisa melayani selama 24 jam. Silakan masyarakat di Kota dan Kabupaten Bekasi yang betul-betul membutuhkan bisa menghubungi. Selain karena untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terdampak Covid-19 di Bekasi, layanan ini juga untuk memberdayakan para pengemudi ojek daring yang mengalami penurunan order harian,” pungkas Ishaq. 

Humanity Careline ACT, selain juga untuk menyediakan layanan pangan bagi warga terdampak Covid-19 juga bertujuan untuk memberdayakan para penyedia jasa layanan antarbarang atau makanan pengemudi ojek daring serta untuk menghindari kerumunan masyarakat dalam penyaluran bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement