Selasa 07 Apr 2020 14:00 WIB
Hikmah Islam

Einstein Hingga Hawking: Tuhan Tidak Sedang Bermain Dadu?

Situasi alam semesta sebagai hal yang serba tak mudah bagi Einstein.

Albert Enstein
Foto:

Adanya asupan atau pola makan pemikiran semenjak  muda dari filosofi empiris ternyata akan melayani Einstein dengan baik sekitar 14 tahun kemudian. Penolakan Mach terhadap ruang dan waktu absolut membantu membentuk teori relativitas khusus Einstein (termasuk persamaan ikon E = mc2), yang ia rumuskan pada tahun 1905 ketika bekerja sebagai 'pakar teknis, kelas ketiga' di Kantor Paten Swiss di Bern.

Bahkan, setelah itu sepuluh tahun kemudian, Einstein akan menyelesaikan transformasi pemahaman kita tentang ruang dan waktu dengan perumusan teori relativitas umumnya, di mana gaya gravitasi digantikan oleh ruangwaktu melengkung.

Tetapi seiring bertambahnya usia (dan lebih bijak), ia datang untuk menolak empirisme agresif Mach. Dan suatu kali menyatakan bahwa teori 'Mach itu sama baiknya dalam mekanika seperti ia celaka pada filsafat.'

 Albert Einstein's handwritten letter to go on show in Stockholm ...

                    *****

Seiring waktu, Einstein lalu mengembangkan posisi yang jauh lebih realistis. Dia lebih suka menerima isi teori ilmiah secara realistis, sebagai representasi 'benar' dari realitas fisik objektif. Dan, meskipun ia tidak menginginkan bagian dari agama, kepercayaan pada Tuhan yang telah dibawanya bersamanya sejak rayuan singkatnya dengan Yudaisme, ternyata menjadi fondasi di mana ia membangun filosofinya.

Ini tercermin, ketika Einstein ditanya tentang dasar sikap realistisnya. Dia menjelaskan begini: 'Saya tidak memiliki ekspresi yang lebih baik daripada istilah "religius" untuk kepercayaan ini pada karakter realitas yang rasional dan dalam hal aksesibilitas, setidaknya sampai batas tertentu, ke akal manusia. '

Tetapi Einstein adalah Dewa filsafat, bukan agama. Ketika ditanya bertahun-tahun kemudian apakah dia percaya pada Tuhan, dia menjawab: 'Saya percaya pada Tuhan Spinoza, yang mengungkapkan dirinya dalam keharmonisan yang sah dari semua yang ada, tetapi tidak pada Tuhan yang peduli pada nasib dan perbuatan umat manusia.

Hal itu  rupanya dia terengarh 'Baruch Spinoza, seorang ilmuwan kontemporer dari Isaac Newton dan Gottfried Leibniz, Mereka memamng menganggap Tuhan sebagai identik dengan alam. Untuk ini, sebagai konsekuensi keduanya sempat dianggap sebagai pelaku bid’ah yang berbahaya. Dia pun dikucilkan dari komunitas Yahudi di Amsterdam.

 

Tuhan bagi Einstein jauh lebih unggul tetapi impersonal dan tidak berwujud, halus tetapi tidak berbahaya. Dia juga sangat determinis. Sejauh ini Einstein pun tampak merasa prihatin adanya  'keharmonisan sah Tuhan'  yang dibangun di seluruh kosmos dengan kepatuhan ketat pada prinsip-prinsip fisik dengan hukum sebab dan akibat.

 

Dengan demikian, tidak ada ruang dalam filosofi Einstein untuk kehendak bebas: “Segala sesuatu ditentukan, awal dan juga akhir, oleh kekuatan-kekuatan yang tidak dapat kita kendalikan ... (ibaratnya, red) kita semua menari dengan irama yang misterius, dilantunkan di kejauhan oleh pemain yang tak terlihat .”

 

 

Teori relativitas khusus dan umum memberikan cara baru yang radikal untuk memahami ruang dan waktu dan interaksi aktif mereka dengan materi dan energi. Teori-teori ini sepenuhnya konsisten dengan 'keharmonisan sah' yang ditetapkan oleh Tuhan dalam benaknya Einstein.

 

 

Tetapi teori baru mekanika kuantum, yang juga Einstein baru temukan pada 1905, menceritakan kisah yang berbeda. Mekanika kuantum adalah tentang interaksi yang melibatkan materi dan radiasi, pada skala atom dan molekul, diatur dengan latar belakang ruang dan waktu yang pasif.

 

 

Soal ini terkait pada sutuasi yang terjadi sebelumnya pada tahun 1926. Ada fisikawan Austria Erwin Schrödinger yang telah secara radikal mengubah teori dengan merumuskan teori Mekanika Kuantum  dalam hal 'fungsi gelombang' yang agak kabur. Schrödinger sendiri lebih suka menafsirkan ini secara realistis, sebagai deskriptif 'gelombang materi'. Tetapi konsensus tumbuh, dipromosikan dengan kuat oleh fisikawan Denmark Niels Bohr dan fisikawan Jerman Werner Heisenberg, bahwa representasi kuantum baru tidak boleh dianggap terlalu harfiah.

Intinya, Bohr dan Heisenberg berpendapat bahwa sains pada akhirnya mengejar masalah konseptual yang terlibat dalam deskripsi realitas yang telah diperingatkan sebelumnya oleh para filsuf selama berabad-abad. 

Bohr misalnya mengatakan: ‘Tidak ada dunia kuantum. Hanya ada deskripsi fisik kuantum abstrak. Adalah salah untuk berpikir bahwa tugas fisika adalah untuk mengetahui bagaimana alam itu. Fisika menyangkut apa yang bisa kita katakan tentang alam. " 

Pernyataan positivis yang samar-samar ini juga digemakan oleh Heisenberg. Katanya:” Kita harus ingat bahwa apa yang kita amati bukanlah alam itu sendiri, tetapi alam yang terbuka pada metode pertanyaan kita. Interpretasi dari ilmuwan dari Copenhagen '-- menyangkal bahwa fungsi gelombang mewakili keadaan fisik nyata dari sistem kuantum -- dengan cepat menjadi cara berpikir dominan tentang mekanika kuantum.

Dan itu kemudian memunculkan variasi teori yang lebih baru dari interpretasi antirealis yang menunjukkan bahwa fungsi gelombang hanyalah cara 'mengkode' pengalaman kita, atau keyakinan subyektif kita yang berasal dari pengalaman kita tentang fisika. Selain itu memungkinkan kita untuk menggunakan apa yang telah kita pelajari di masa lalu untuk memprediksi masa depan.

Alhasil, karena teori ini sama sekali tidak konsisten dengan filosofi yang dipercaya Einstein, maka kemudian Einstein tidak bisa menerima interpretasi tersebut karena dia tetap percaya bahwa objek utama representasi - fungsi gelombang - bukan 'nyata'. Dia tidak bisa menerima bahwa Tuhannya akan memungkinkan 'keharmonisan sah' terurai sepenuhnya pada skala atom, membawa ketidakpastian dan ketidakpastian hukum, dengan efek yang tidak dapat sepenuhnya dan jelas diprediksi dari penyebabnya. 

Dengan demikian panggung debat mengenai kontroveri ini malah kemudian ditetapkan untuk salah satu perdebatan paling luar biasa dalam seluruh sejarah sains, terutama ketika Bohr dan Einstein berhadapan langsung dengan interpretasi mekanika kuantum.

Maka dititk itu adalah benturan dua filosofi, dua set prakonsepsi metafisik yang saling bertentangan tentang sifat realitas dan apa yang dapat kita harapkan dari representasi ilmiah ini. Perdebatan di mulai pada tahun 1927, dan meskipun protagonis tidak lagi bersama kita, perdebatan terasa masih sangat hidup dan belum terselesaikan sampai kini. 

Akhirnya, saya kemudian tidak berpikir bila Einstein akan sangat terkejut dengan ini. Pada bulan Februari 1954, hanya 14 bulan sebelum dia meninggal, dia menulis dalam sepucuk surat kepada fisikawan Amerika David Bohm. Kata Enstein dalam surat itu demikian: "Jika Tuhan menciptakan dunia, perhatian utamanya tentu saja tidak membuat pemahamannya mudah bagi kita."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement