Senin 02 Mar 2020 05:20 WIB

Doa Ketika Memasukkan Jenazah ke Liang Lahat

Ketika jenazah dimasukkan ke liang lahat, Muslim dianjurkan membaca doa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Doa Ketika Memasukkan Jenazah ke Liang Lahat.
Foto: Foto : MgRol_92
Doa Ketika Memasukkan Jenazah ke Liang Lahat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap yang hidup pasti akan menemukan kematian, tak terkecuali manusia. Untuk itu, dalam menjalankan kehidupan sosial ketika kita dihadapkan pada keadaan memasukkan jenazah ke liang lahat, dianjurkan bagi tiap Muslim untuk membaca doa.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijabarkan, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika ditimpa kesulitan. Doa ini bersumber dari hadits Rasulullah SAW.

Baca Juga

Hadis tersebut berbunyi: "Bismillahi wa ala sunnati Rasulillahi." Yang artinya: "Dengan nama Allah dan di atas sunah Rasulullah." Hadits ini merupakan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan sanad yang shahih.

Adapun setelah jenazah dimakamkan, terdapat beberapa adab yang diajarkan dalam Islam. Rasulullah SAW, setelah selesai memakamkan jenazah, berdiri di atasnya lalu bersabda: "Mintakan ampun kepada Aklah untuk saudaramu, dan mohonkan agar dia teguh dan tahan hati (ketika ditanya oleh dua malaikat), sesungguhnya dia sekarang sedang ditanya."

Hadits tersebut merupakan riwayat Imam Abu Dawud dan al-Hakim. Hadits ini memiliki kedudukan yang shahih dan adz-Dzahabi juga menyetujuinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement