Jumat 28 Feb 2020 19:42 WIB

Rumah Zakat dan Wuling Kembali Gelar Progam Siaga Sehat

Program siaga sehat berisi pengobatan gratis dan pemeriksaan rutin bagi ibu hamil

Program siaga sehat Mobil Klinik Wuling Motor dan Rumah Zakat untuk yang keempat kalinya kembali dilaksanakan di Kampung Cibeureum, RT 07 RW 05, Desa Sukawening Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (27/2).
Foto: Rumah Zakat
Program siaga sehat Mobil Klinik Wuling Motor dan Rumah Zakat untuk yang keempat kalinya kembali dilaksanakan di Kampung Cibeureum, RT 07 RW 05, Desa Sukawening Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (27/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program siaga sehat Mobil Klinik Wuling Motor dan Rumah Zakat untuk yang keempat kalinya kembali dilaksanakan di Kampung Cibeureum, RT 07 RW 05, Desa Sukawening Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Kamis (27/2).

Program yang diimplementasikan melalui pengobatan gratis untuk umum, pemberian makanan tambahan untuk balita serta pemeriksaan rutin bagi ibu hamil ini selalu disambut antusias oleh warga Desa Sukawening.

"Perubahan dan peningkatan pola hidup sehat sudah tercermin dari masyarakat di Desa Sukawening ini, seiring dengan rutinnya pelayanan kesehatan dan bertambahnya pengetahuan akan pentingnya kesehatan yang sudah disampaikan sejak pertama kali program dijalankan, apalagi ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan di Desa Sukawening, terutama di kampung Cibeureum Kalong,"ujar Abdi Satria selaku Project Coordinator Siaga Sehat Rumah Zakat dan Wuling Motors.

Selain itu, turut hadir dokter Iqbal yang juga memberikan sambutan kepada masyarakat terkait pola hidup sehat. Menurutnya, pola hidup sehat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat.

"Sasaran dari pelaksanaan siaga sehat ini, selain mengubah pola hidup sehat juga menaikan tingkat kesehatan masyarakat, dengan adanya kontrol kesehatan setiap bulannya, jadi tidak hanya berobat selesai sedangkan pola hidup sehatnya tidak dijalankan" ucap dokter Iqbal saat menyampaikan penyuluhan kesehatan tentang "Dampak Hypertensi terhadap kesehatan organ tubuh" dihadapan para penerima manfaat yang hadir.

Acara pengobatan gratis yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB dan selesai pada pukul 14.00 WIB dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 119 orang yang terdiri dari pasien umum sebanyak 103 orang, kontrol/cek kehamilan 16 orang, pasien rutin hipertensi dan diabetes, serta beberapa pasien baru dari beberapa wilayah RW yang berbeda.

"Dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar terdapat RW yang berbeda setiap bulannya, ini mencerminkan adanya grafik penyebaran dan pemerataan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Desa Sukawening, sesuai dengan harapan kita." Ungkap Iwan TS selaku PIC kegiatan Siaga Sehat Mobil Klinik Wuling Motor dan Rumah Zakat saat menutup kegiatan hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement