Jumat 28 Feb 2020 18:32 WIB

BUMMas Sangkan Hurip Berdayakan Peternakan Domba

Program pemberdayaan peternak lokal Rumah Zakat berkonsep penggemukan domba

Bummas Sangkan Hurip adalah program pemberdayaan peternak lokal yang digagas oleh Rumah Zakat dengan konsep penggemukan domba.
Foto: Rumah Zakat
Bummas Sangkan Hurip adalah program pemberdayaan peternak lokal yang digagas oleh Rumah Zakat dengan konsep penggemukan domba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Lagu kebudayaan Sunda dan pencak silat mengiringi acara launching Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Sangkan Hurip yang bertempat di kampung Sukamulya RT 01 RW 02 Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 26 (28/2). Bummas Sangkan Hurip adalah program pemberdayaan peternak lokal yang digagas oleh Rumah Zakat dengan konsep penggemukan domba.

Program ini dirintis oleh tiga orang pengelola, yang didirikan 20 November 2019. Ketua Bummas dan tokoh setempat berharap dapat bersama-sama memajukan potensi Bummas dengan kerja nyata dan dapat bersinergi kuat dengan pemerintah setempat.

Hal senada diungkapkan, Hendi Ruslan, Perwakilan Kecamatan Cikalong Wetan mengharapkan dengan adanya bummas dapat memajukan kesejahteraan warga masyarakat dalam bidang peternakan domba maupun bidang pertanian.

Kepala Kantor Rumah Zakat Perwakilan Jawa Barat Mulyana Yusup mengungkapkan ada 123 bummas yang tersebar diseluruh Indonesia dan masing-masing memiliki potensi baik yang dapat dikembangkan oleh fasilitator Rumah Zakat sehingga dapat memberdayakan masyarakat.

"Harapannya bummas sangkan hurip dapat bertumbuh pesat sehingga rasa memiliki itu ada dan mudah-mudahan bermanfaat serta mendapatkan pahala berlimpah," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement