Selasa 25 Feb 2020 05:10 WIB

Keutamaan Bulan Rajab, Bulan yang Dimuliakan Allah

Bulan Rajab memiliki kedudukan penting dalam Islam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah peristiwa penting Islam terjadi di bulan Rajab.
Foto:

Apabila datang bulan Rajab, orang Arab Jahiliyah mengagungkannya dengan mengadakan acara yang disebut 'Rajabiah'. Biasanya, para penjaga pintu Ka'bah membuka pintu Ka'bah selama Rajab. Pada bulan lain, pintu Ka'bah hanya dibuka dua kali dalam sepekan, yakni setiap Senin dan Kamis.

Selain itu, kaum Arab Jahiliyah juga kerap melakukan puasa. Pada 10 hari pertama, mereka memotong qurban 'Atirah (hewan kurban yang dipotong pada 10 hari pertama Rajab) sebagai persembahan untuk Tuhan mereka dan dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan mereka.

Tradisi ini juga dilakukan oleh orang-orang Islam kala itu. Namun, Rasulullah SAW kemudian menghapus tradisi demikian. Nabi SAW bersabda, "Tidak boleh menyelenggarakan Fara' dan 'Atirah." (Durratun Nasihin 1:315).

Fara' merupakan anak unta pertama dilahirkan. Kaum Jahiliyyah selain memotong kurban 'Atirah, juga memotong kurban Fara' dengan anggapan agar mendapat berkah.

Waktu pemotongannya kemudian dijadikan hari besar. Namun, Nabi  SAW menegaskan, tidak boleh menjadikan bulan sebagai hari besar dan jangan menjadikan hari sebagai hari besar. Kecuali, yang telah ditetapkan oleh Syara', yaitu satu pekan jatuh pada hari Jumat dan dalam satu tahun jatuh pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta hari tasyriq (tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah).

Bulan Rajab juga memiliki kedudukan penting dalam Islam. Sebab, di bulan ini terjadi peristiwa diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah SWT ke langit atau disebut dengan peristiwa Isra' Mi'raj. Para ulama berbeda pendapat tentang kapan terjadinya Isra' Mi'raj ini.

Namun, sebagian besar ulama berpendapat peristiwa Isra' Mi'raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab. Selain itu, bulan Rajab menjadi bulan di mana khalifah umat Islam yang keempat, Ali bin Abi Thalib lahir ke dunia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement