Advertisement

Tim DMC Bantu Evakuasi di Wilayah Terdampak Banjir

Senin 24 Feb 2020 20:32 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Sebanyak 55 rukun warga ( RW) di Jakarta terendam banjir pada Ahad (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan yang turun sejak dini hari mengakibatkan sejumlah ruas hingga pemukiman elite terendam banjir. BPBD DKI Jakarta mengatakan banjir ini terjadi akibat curah hujan tinggi. Beberapa pintu air kemudian mengalami kenaikan dan sungai-sungai meluap.

"Hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek dan sekitarnya pada hari Ahad (23/2) dengan akumulasi curah hujan harian menurut data BMKG tertinggi terjadi di Pulo Gadung dengan intensitas 241 mm/hari kategori ekstrem yang menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap," Ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Provinsi DKI Jakarta Mohamad Insaf dalam releasenya, Ahad (23/2/2020).

Sebanyak 55 rukun warga ( RW) di Jakarta terendam banjir pada Ahad (23/2/2020) pagi ini. RW yang terendam banjir tersebar di 36 kelurahan di 23 kecamatan. Ketinggian air banjir di 55 RW yang terendam pun beragam, mulai dari 5 sentimeter sampai 120 sentimeter. Banjir dengan ketinggian 120 sentimeter terjadi di Kelurahan Mampang, Jakarta Selatan. Sementara itu, banjir dengan ketinggian 100 sentimeter terjadi di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

“Hingga siang tadi tim Disasater Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menerjunkan 7 personil, 2 mobil rescue dan 2 unit perahu karet. Tim DMC Dompet Dhuafa mengevakuasi warga terdampak di wilayah Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur hingga terjunkan tim rescue di wilayah Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur”, ujar Benny Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Sampai malam ini sejumlah penyintas yang menempati pengungsian di Masjid Borobudur, mendapatkan pelayanan Dapur Keliling (Darling) dengan menyediakan posko hangat untuk penyintas di masjid borobudur. Sementara ketinggian air sudah mulai surut dengan ketinggian 40-70cm. Di lokasi yang berbeda tim masih melakukan evakuasi salah satunya evakuasi ibu dan bayi di Jalan Pulomas IIIC, Pulogadung, Jakarta Timur, bahkan tadi sore tim DMC sempat membantu evakuasi ibu yang akan melahirkan di Komplek Pulomas. Pulogadung, Jakarta Timur.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA