Kamis 20 Feb 2020 23:20 WIB

SD Juara Surabaya Naik Bus Bayar Pakai Sampah

Siswa diminta mengumpulkan botol air mineral bekas sebagai syarat pembayaran tiket

Anak-anak SD Juara Surabaya naik Suroboyo Bus.
Foto: Rumah Zakat
Anak-anak SD Juara Surabaya naik Suroboyo Bus.

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Warga Surabaya tentu tidak asing lagi dengan Suroboyo Bus, salah satu moda transportasi andalan Pemerintah Kota Surabaya sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan. Sebanyak 32 siswa-siswi SD Juara Surabaya kelas 1 & 2 sangat senang ketika diajak mengelilingi Kota Surabaya dengan Suroboyo Bus.

Mereka diminta mengumpulkan botol air mineral bekas sebagai syarat pembayaran tiket, dengan harapan mereka bisa lebih mencintai lingkungan sekitar rumah, mengurangi sampah plastik dan memanfaatkan barang bekas berbahan plastik.

Baca Juga

Titik kumpul yang telah disepakati di Halte Sentra UMKM Surabaya, sekaligus siswa-siswi bisa menukarkan secara langsung botol plastik mereka dengan stiker Suroboyo Bus. Rute yang dipilih adalah jalur timur yakni Gunung Anyar-Kenjeran. Mereka pun menaati tata tertib yang ada, di antaranya dilarang makan/minum di dalam bus dan dilarang berdiri maupun jalan-jalan.

"Senang sekali kegiatan hari ini diajak jalan-jalan dan pertama kalinya naik Suroboyo Bus. Baru tahu kalau bayarnya tidak pakai uang tapi pakai botol plastik. Nanti naik lagi sama ayah & bunda dan adik-adik," ujar Tiara, siswi kelas 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement