Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Ali bin Abi Thalib kepada Pemimpin: Rasakan Perasaan Rakyat

Selasa 18 Feb 2020 23:18 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ali bin Abi Thalib memgajak pemimpin tak khianati amanat rakyat.Ilustrasi Pemimpin

Ali bin Abi Thalib memgajak pemimpin tak khianati amanat rakyat.Ilustrasi Pemimpin

Foto: pixabay
Ali bin Abi Thalib memgajak pemimpin tak khianati amanat rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pemimpin memikul tanggung jawab yang tidak ringan di hadapan umat dan di hadapan Tuhan. Dalam sejarah, tidak sulit mencari pemimpin di kala keadaan serba menguntungkan serta fasilitas yang lengkap. 

Baca Juga

Namun, sulit dan mahal untuk mendapatkan pemimpin sejati yang tabah bertahan dan rela menderita bersama rakyatnya dalam masa sulit, jauh dari fasilitas yang diinginkan.

Di antara sosok pemimpin teladan pada masa seninggal Nabi Muhammad SAW adalah Ali bin Abi Thalib. Dia merupakan salah seorang khalifah yang rajin mengirim pesan-pesan tertulis kepada para bawahannya. Dalam surat kepada Gubernur Al Asthar di Kairo,  Ali bin Abi Thalib menulis, ''Pemimpin itu harus bisa melihat dengan mata rakyat, harus mengerti bahasa rakyat, dan merasakan perasaan rakyat. Memajukan kemakmuran rakyat adalah tugas setiap pemimpin.''

Rasulullah bersabda, ''Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban (di hadapan Allah) tentang kepemimpinannya.'' Maka, betapa tak terpujinya para pemimpin yang hanya berorientasi melanggengkan kekuasaan dan melupakan penderitaan rakyatnya.

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA