Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Sanad Alquran KH Munawwir yang Tersambung ke Rasulullah SAW

Sabtu 15 Feb 2020 04:30 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

KH Munawwir Krapyak belajar kepada ulama dengan sanad hingga Rasulullah. Alquran/Ilustrasi

KH Munawwir Krapyak belajar kepada ulama dengan sanad hingga Rasulullah. Alquran/Ilustrasi

KH Munawwir Krapyak belajar kepada ulama dengan sanad hingga Rasulullah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dikenal sebagai Mahaguru pesantren tahfiz di Indonesia, KH Muhammad Munawwir Krapyak memiliki ijazah tahfizh yang dikantonginya dari dua kota suci (Haramain). Sedangkan sanad qiraahnya sangat sahih dan menyambung ke Rasulullah SAW.

Baca Juga

Berdasarkan buku Para Penjaga Alquran karya Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Libang Kementerian Agama disebutkan, guru qiraah sab’ah (ketujuh varian bacaan Alquran) KH Munawwir Krapyak adalah Syekh Yusuf Hajar. Adapun sanad tahfiznya dapat diketahui secara lengkap sebagai berikut:

KH Munawwir Krapyak, dengan qiraah Imam Asim menurut riwayat Imam Hafs, mengambil dari Syekh Abdul Karim Umar al-Badri, dari Syekh Ismail Basyatin, dari Syekh Ahmad ar-Rasyidi, dari Syekh Mustafa Abdurrahman al-Azmiri, dari Syekh Hijazi.

Kemudian berlanjut ke atas dari Syekh Ali bin Sulaiman al-Manshuri, dari Syekh Sultan al-Mizahi, dari Syekh Saifuddin Ataillah al Fadali, dari Syekh Sahazah al-Yamani, dari Syekh Nasiruddin at-Tablawi, dari Syekh Abu Yahya Zakariyya al-Anshari.

Berlanjut dari Imam Ahmad al-Asyuti, dari Imam Muhammad bin Muhammad al-Jazari, dari Imam Muhammad bin Abdul Khaliq al-Misri, dari Imam Abu al-Hasan Ali bin Syuja, dari Imam Abu al-Qasim asy-Syatibi, dari Imam Ali bin Muhammad bin Huzail, dari Imam Sulaiman bin Najah al-Andalusi, dari Imam Abu Amr Usman ad-Dani, dari Imam Tahir bin Galbun, dari Imam Ahmad bin Sahl al-Asynani.

Lanjut dari Imam Ubaid bin as-Sabah, dari Imam Hafs bin Sulaiman, dari Imam Asim bin Abi an-Najud, dari Imam Abdurrahman as-Sulami, dari Zaid bin Sabit dan Ubay bin Ka’ab dan Abdullah bin Mas’ud dan Ali bin Abi Thalib dan Usman bin Affan, yang mengambil langsung dari Rasulullah SAW yang bermuara dari Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA