Jumat 14 Feb 2020 09:59 WIB

Dompet Dhuafa dan Aliansi Filantropi Komitmen Eliminasi TBC

Kaitan TBC dengan kemiskinan menjadi fokus kepedulian Dompet Dhuafa

Forum Zakat mendukung kolaborasi isu kesehatan yang digagas Dompet Dhuafa.
Foto: dok Dompet Dhuafa
Forum Zakat mendukung kolaborasi isu kesehatan yang digagas Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Merebak Corona Virus Disease (COVID-19) telah menjadi isu dunia. Kewaspadaan terhadap isu ini tidak meninggalkan kepedulian untuk membuat gerakan bersama menuju eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030.

Aliansi ini digagas  Dompet Dhuafa beserta 16 lembaga zakat dan filantrofi yang bersepakat membentuk aliansi filantrofi TB Indonesia yang bertempat di Kantor Forum Zakat, Lenteng Agung Jakarta, Kamis (13/02).

General Manajer Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yenny Purnamasari menyatakan, dukungan lintas sektor diperlukan dalam upaya eliminasi TB di Indonesia. Peran lembaga zakat dan Filantrofi yang fokus pada upaya pengentasan kemiskinan, diharap selaras utk dapat mengisi kesenjangan yang dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan pengobatan, seperti dukungan nutrisi, akses transportasi, sanitasi dan rumah sehat sampai pada pemberdayaan ekonomi untuk pasien yang sudah sembuh.

Program kerja akan mengisi kesenjangan dukungan yang belum optimal dalam  edukasi dan sosialisasi penyakit ini di masyarakat, meningkatkan temuan kasus,  pendampingan pasien TB sampai selesai pengobatan, dukungan nutrisi, psikososial dan pendidikan fungsional serta pemberdayaan ekonomi pasien yang sudah sembuh. Program ini akan di sinergikan dengan para pemangku kepentingan di pemerintah, kader komunitas, anak muda peduli TB, tokoh agama dan masyarakat, serta seluruh pihak terkait. 

Rapat kerja aliansi ini merupakan tindak lanjut dari diskusi dan silaturahmi lembaga zakat dan filantrofi bulan Desember 2019 yang dihadiri Kementrian Kesehatan RI, Ketua Umum Foz, Organisasi Pasien TB, dan perwakilan CSO TB,  lembaga zakat dan filantrofi di Indonesia.

Aliansi strategis ini diharapkan akan menguatkan peran lembaga zakat dan filantrofi dalam mengisi kesenjangan dukungan pasien TBC untuk menunjang keberhasilan pengobatan, perbaikan sosial ekonomi yang dapat berperan dalam memutus mata rantai penularan dan pengentasan kemiskinan bagi pasien dan keluarga terdampak.  

Forum Zakat mendukung segala bentu kolaborasi dalam isu kesehatan yang digagas oleh OPZ anggota FOZ, termasuk dalam isu TBC yang digagasa Dompet Dhuafa dan 16 OPZ lainnya.

"Kolaborasi ini akan memperkuat berbagai layanan bagi masyarakat, baik layanan edukasi, upaya pencegahan penyebaran dan pendampingan kepada penderita penyakit TB oleh OPZ serta juga perlu didorong ke level negara agar memberi dampak yang lebih luas", ujar Bambang Suherman Ketua Umum FOZ.

Keterkaitan penyakit TBC  dengan kemiskinan itulah yang menjadikan Dompet Dhuafa menaruh kepedulian lebih terhadap penyakit tersebut. Selain itu, Tb adalah penyakit yang mudah menular, sedangkan para penyintasnya kerap tinggal di kawasan padat nan kumuh. Hal tersebut berpotensi bakteri Tb menular ke lainnya. Belum lagi TBC tidak dapat seketika disembuhkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement