Kamis 06 Feb 2020 08:15 WIB

Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur

Sebelum memejamkan mata, perhatikan adab sebelum tidur.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur.
Foto: Pixabay
Doa Bila Ada yang Menakutkan dalam Tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayoritas orang pasti pernah merasakan takut apabila memejamkan mata ketika tidur. Hal-hal buruk sesungguhnya dapat ditemui tak hanya di dunia nyata, namun juga di alam tidur.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, terdapat doa yang dianjurkan apabila seseorang mengalami suatu hal yang buruk dalam tidur atau di dalam tidurnya terdapat hal yang buruk. Adapun doa ini berasal dari hadis yang diriwayatkan Iman Abu Dawud dan Imam Tirmidzi.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ: مِنْ غَضَبِهِ، وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ، وَأَنْ يَحْضُرُونِ  

"Audzu bikalimatiahittamati, min ghadhabihi wa iqabihi, wa syarri ibadihi wa min hamazati as-syayatini wa an yahdhuruni."

Yang artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari godaan setan serta jangan sampai mereka (syetan) hadir (ke hadapanku)."

Bacalah doa ini apabila hal buruk menimpa di saat tidur. Jangan lupa membarenginya dengan lebih dulu mengucapkan bismillah agar segala apa yang kita ucapkan benar-benar diridhai dan juga diberkahi Allah SWT.

Dan jangan lupa, sebelum tidur sebaiknya perbaiki adab-adab tidur agar terjaga dari hal-hal buruk. Seperti membersihkan tubuh terlebih dahulu seperti mencuci kaki, wajah, dan tangan. Jangan lupa juga untuk berwudhu agar senantiasa berada dalam kesucian di beberapa waktu tertentu.

Dan yang terpenting, bacalah doa hendak tidur paling dasar berbunyi:

باسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ  

"Bismika allahumma ahya wa bismika amut."

Jika belum terlalu lelah, ada baiknya menyempatkan diri membaca beberapa ayat Alquran dan menghafalkannya jika mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement