Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Turki Resmikan Masjid dan Sekolah di Gambia

Selasa 28 Jan 2020 12:18 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Ibu negara Turki, Emine Erdogan, meresmikan masjid desa yang telah diperbarui dan sebuah sekolah di Gambia, Afrika Barat, Senin (27/1).

Ibu negara Turki, Emine Erdogan, meresmikan masjid desa yang telah diperbarui dan sebuah sekolah di Gambia, Afrika Barat, Senin (27/1).

Foto: Anadolu Agency
Masjid dan sekolah itu diperbaiki dan dilengkapi fasilitasnya oleh lembaga Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJUL -- Ibu negara Turki, Emine Erdogan, meresmikan masjid desa yang telah diperbarui dan sebuah sekolah di Gambia, Afrika Barat. Emine membuka masjid desa Kembujae Madina dan sekolah Omar bin Khattab di Banjul, Gambia, Senin (27/1). Peresmian itu dilakukan saat ia mendampingi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan selama kunjungannya ke Gambia.

Masjid dan sekolah itu diperbaiki dan dilengkapi fasilitasnya oleh Badan Kerja Sama dan Koordinasi Turki (TIKA), yang merupakan lembaga bantuan pembangunan negara dari Turki. Usai acara peresmian, Erdogan mengatakan kunjungan timbal balik antara Turki dan Gambia itu akan memperkuat persahabatan bilateral kedua negara.

Emine mengatakan, investasi dalam bidang pemuda dan olahraga adalah sesuatu yang paling bermanfaat. Menurutnya, sekolah yang diresmikan itu akan memberikan harapan bagi masa depan banyak anak-anak Gambia. Sekolah ini akan menyediakan pendidikan dalam bahasa Inggris dan Arab. Emine juga menyebut Turki telah lama menjadi teman rakyat Afrika.

"Abad ke-21 bisa sangat berbeda untuk Afrika. Langkah pertama untuk ini adalah pendidikan," kata Emine, dilansir di Anadolu Agency, Selasa (28/1).

Ia menambahkan, Afrika dapat membangun kembali dirinya dengan kekayaan alam, latar belakang budaya, dan masyarakatnya yang unik. Langkah bantuan yang diberikan Turki terhadap negara-negara lain tidak  lepas dari peran TIKA. Lembaga ini didirikan pada 1992. TIKA merupakan lembaga yang dikelola pemerintah yang bertanggung jawab untuk menerapkan kebijakan kerja sama pembangunan luar negeri Turki.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA