Kamis 15 Feb 2024 22:52 WIB

Emine Erdogan Janjikan Lebih Banyak Bantuan ke Gaza

Emine Erdogan menyatakan Turki siap jadi tuan rumah sementara anak yatim Gaza.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ibu negara Turki Emine Erdogan.
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Ibu negara Turki Emine Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Ibu negara Turki Emine Erdogan terlibat dalam diskusi dengan ibu negara Mesir Entissar Amer mengenai lebih banyak rencana bantuan kemanusiaan untuk Gaza dan menampung anak-anak yatim piatu yang terkena dampak serangan Israel.

Dilansir dari Daily Sabah, Kamis (15/2/2014), pertemuan ini berlangsung sebagai bagian dari kunjungan bersejarah Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Kairo yang bertujuan meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Baca Juga

Selama pertemuan, Emine Erdogan menyatakan kesiapan Turki menjadi tuan rumah sementara anak-anak yatim dari Gaza sampai gencatan senjata permanen ditetapkan dan proses normalisasi di wilayah tersebut tercapai.

Amer mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, yang dia nyatakan membawa kegembiraan besar bagi rakyat Mesir. Dia juga menyampaikan penghargaannya atas "KTT Satu Hati untuk Palestina" yang diselenggarakan oleh ibu negara Erdogan pada November 2023.

Mendampingi Emine Erdogan adalah Menteri Keluarga dan Layanan Sosial Mahinur Ozdemir Goktas, sementara Entissar Amer didampingi oleh Menteri Solidaritas Sosial Mesir Nevine El Kabbaj.

Setelah pertemuan, Emine Erdogan dan Amer mengunjungi Yayasan Hayat Karima dan Bulan Sabit Merah Mesir, organisasi yang secara aktif terlibat dalam kegiatan bantuan sukarela di Gerbang Perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza sejak dimulainya serangan Israel di Gaza.

Emine Erdogan membagikan detail kunjungan tersebut di akun media sosialnya, menyoroti upaya bantuan Bulan Sabit Merah Mesir dan kegiatan yang diselenggarakan untuk Gaza. Dia menyatakan penghargaan atas upaya lembaga Mesir dan asosiasi nonpemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

Emine Erdogan menekankan Turki akan melanjutkan upayanya untuk memastikan bantuan tanpa gangguan ke Gaza, dengan lebih dari 7.000 ton bahan bantuan dikirim ke Gaza dari Turki hingga saat ini, berkoordinasi dengan Bulan Sabit Merah Mesir.

Merefleksikan kunjungannya ke Yayasan Hayat Karima, Emine Erdogan memuji upaya organisasi untuk mendukung pengembangan daerah pedesaan dan miskin, khususnya upayanya untuk meningkatkan kondisi kehidupan perempuan, anak-anak, dan anak yatim. Dia mengucapkan selamat kepada para sukarelawan dan pejabat yayasan atas upaya berdedikasi mereka di gerbang perbatasan Rafah.

Kunjungan diakhiri dengan Emine Erdogan, Amer, Goktas dan El Kabbaj mengambil foto dengan Presiden Bulan Sabit Merah Turki Fatma Meric Yilmaz dan staf Bulan Sabit Merah Mesir, melambangkan kerja sama yang sedang berlangsung antara kedua organisasi dalam memberikan bantuan ke Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement