Kamis 23 Jan 2020 11:38 WIB

Koki TV Asal Italia Berbagi Ilmu Memasak di Penjara Gaza

Koki Italia mengajarkan cara membuat pasta yang sempurna di penjara Gaza.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Koki TV Asal italia Berbagi Ilmu Memasak di Penjara Gaza
Foto: Majdi Mohammed/AP
Koki TV Asal italia Berbagi Ilmu Memasak di Penjara Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Seorang koki TV asal Italia berbagi ilmu tentang pelajaran memasak di penjara Gaza. Gabriele Rubini adalah koki yang sebelumnya merupakan pemain rugby.

Chef Rubio ini mengajar 10 narapidana di penjara dekat Kota Gaza tentang cara membuat pasta yang sempurna. Sebaliknya, ia juga belajar tentang masakan Palestina.

Baca Juga

"Target saya adalah berbagi dengan mereka semua yang saya tahu dan saya ingin belajar dari mereka semua yang mereka tahu," kata Rubini, dilansir di Arab News, Kamis (23/1).

Rubini mengunjungi penjara ini dalam perjalanannya selama 10 hari ke Gaza bersama LSM Italia. Ia mengatakan, makanan Palestina memiliki banyak kesamaan dengan Italia.

 

"Di sekitar Laut Mediterania semua budaya bercampur. Koki tidak menggunakan banyak bahan, berkualitas baik dan ini semua tentang berbagi makanan," ujarnya.

Rubini merupakan pendukung lama perjuangan Palestina. Ia telah berbagi pengalamannya di Gaza dengan lebih dari 750 ribu penggemar melalui halaman Facebook-nya. Rubini mengatakan dia bekerja di penjara-penjara karena penjara adalah tempat di mana ada banyak umat manusia.

"Seseorang melakukan kesalahan dan di penjara bisa terlahir kembali dan menjadi orang yang lebih baik di dunia luar," katanya.

Sementara itu, murid-murid Rubini di penjara itu mengaku mereka memetik inspirasi dari pelajaran memasak ini. Seorang narapidana yang telah menjalani sebagian besar hukuman dua tahunnya, Sami Baraka, mengungkapkan kegiatan demikian adalah kesempatan pelatihan yang luar biasa.

"Saya akan membuka restoran Italia di Gaza," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement