Kamis 23 Jan 2020 09:30 WIB

Seperenam Ayat Alquran Membahas Fenomena Alam Semesta

Fenomena alam semesta di Alquran menjadi jelmaan dari kekuasaan Allah SWT.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Seperenam Ayat Alquran Membahas Fenomena Alam Semesta
Foto: REUTERS/NASA/Handout/Files
Seperenam Ayat Alquran Membahas Fenomena Alam Semesta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Tafsir Alquran Ustaz Muchlis Hanafi mengatakan, Alquran sangat peduli terhadap alam semesta. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya ayat yang membahas kosmologi.

"Ayat itu menjadi jelmaan dari kekuasaan Allah SWT. Dan berbagai tanda kebesaran Allah juga tercantum dalam setiap ayatnya," ujar dia ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (22/1).

Baca Juga

Dia menaksir, setidaknya ada 750 ayat terkait fenomena alam semesta (ayat kauniyah) di Alquran. Meskipun, menurut dia, ada juga pendapat yang menyatakan ayat dalam Alquran terkait kosmologi mencapai 1.000 jumlahnya.

"Artinya, sekitar seperenam atau sepertujuh dari keseluruhan ayat Alquran membahas alam semesta dan isinya," kata dia.

Menyinggung kandungan ayat-ayat kosmologi, ahli tafsir yang juga menjadi penerjemah Presiden Jokowi itu menegaskan, dengan tadabur ayat-ayat kosmologi diharapkan bisa meningkatkan keimanan manusia. "Dan semakin yakin akan kebenaran bahwa Allah adalah Dzat yang patut disembah. Bukan lainnya," kata dia.

Ketika ditanya kemudahan mencerna ayat tersebut, ia tak menampiknya. Fenomena alam semesta hanya dapat dipahami dengan cara mencermatinya dan merenungkannya.

Dia mengatakan, dalam hal tertentu penjelasan melalui bumi dan isinya bisa lebih mudah dimengerti oleh banyak kalangan karena kasat mata. Akan tetapi, masyarakat umum akan kesulitan memahami atau mendalaminya.

"Karena itu hanya orang-orang yang diberi kemampuan menalar dengan sehat dan baik yang dapat menangkapnya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement