Selasa 07 Jan 2020 20:08 WIB

Mentalitas Umat Islam Perlu Diperbaiki

Umat Islam juga dinilai belum bisa menjadi pemain utama di berbagai bidang.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Mentalitas Umat Islam Perlu Diperbaiki. Umat Islam berdoa saat zikir akbar.
Foto: Antara/Rahmad
Mentalitas Umat Islam Perlu Diperbaiki. Umat Islam berdoa saat zikir akbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Wakil Ketua Pengarah Kongres Umat Islam Indonesia ke-7 Noor Ahmad mengatakan pentingnya meningkatkan mentalitas umat Islam.

"Politik penjajahan Belanda telah melemahkan mental orang Indonesia, bahkan dulu ada istilah orang Indonesia setengah manusia sehingga tidak heran di 1870, etnis lain seperti China mengambil alih ekonomi di Indonesia begitu juga dengan politiknya," ujar dia di kantor Republika, Selasa (7/1).

Baca Juga

Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI ini menilai tidak heran jika visi misi negara terjadi penyimpangan saat ini sehingga umat Islam dirugikan.

Umat Islam juga dinilai belum bisa menjadi pemain utama di berbagai bidang, terutama sumber daya strategis. Noor Ahmad berharap perlu ada perubahan strategi yang akan dilakukan oleh umat Islam.

"Sekuat apa pun politik umat Islam jika ekonominya lemah, maka akan rontok juga. Ini yang juga akan dibahas pada kongres umat di Bangka Belitung nanti, "ujar dia.

Kini salah satu bagian ekonomi umat yang sedang menguat adalah filantropi. Kekuatan ini dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi dan perkembangan umat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement