Senin 06 Jan 2020 08:20 WIB

Kutipan Surah Ar-Rahman dan Khat Kufi di Makam Islam Kuno

Makam Islam kuno di Gresik Jawa Timur terdapat petikan surah ar-Rahman.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat petikan surah ar-Rahman makam Fatimah binti Maimun (wafat 1028 M) di Leran, Gresik, Provinsi  Jawa Timur.
Foto: Abdul Hadi WM
Terdapat petikan surah ar-Rahman makam Fatimah binti Maimun (wafat 1028 M) di Leran, Gresik, Provinsi Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanda kedatangan Islam di Jawa tampak jelas dari adanya makam-makam yang berada di wilayah Leran, Gresik, atau sebelah barat Surabaya. Salah satu nisan makam dalam kompleks tersebut bertuliskan tahun 475 Hijriyah atau sekitar 1082 Masehi.

Dalam buku Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, karya Hasan Muarif Ambary dijelaskan, makam tersebut atas nama Fatimah binti Maemun bin Hibatallah. Makam serupa juga ditemui di Padurangga (Phanrang), Vietnam. Kesamaan kedua makan di wilayah yang berbeda ini yakni dihiasi dengan pahatan kata dengan huruf Arab bergaya kufi.

Baca Juga

Adapun inkripsi nisan di Phanrang berbunyi: “Ahmad, anak Abu Ibrahim, anak Abu ‘Arradah, yang Rahdar, nama samaran Abu Kamil, yang meninggal dunia pada malam Kamis 29 Safar empat ratus tigapuluh satu (1039 Masehi). Selain itu, terdapat juga inkripsi di makam yang ada di wilayah itu berisi ungkapan-ungkapan perundang-undangan yang berkaitan dengan pembayaran bea cukai, hutang, dan hal-hal yang menyangkut perniagaan lainnya.

Kembali kepada makam Fatimah yang ditemukan di Gresik, di dalam nisannya terdapat petikan Surah ar-Rahman ayat ke-55. Petikan ayat tersebut disinyalir mengandung unsur sufistik yang sama halnya dengan petikan ayat yang terdapat pada nisan Malik al-Saleh yang ada di Aceh pada 1326 Masehi.

Adapun petikan ayat-ayat tersebut diduga memiliki kolerasi kuat dengan aliran pembawa agama Islam awal di Indonesia. Masih di wilayah yang sama, yakni Gresik, pada empat abad sesudahnya ditemukan pula bukti inkripsi beraksara kufi. Yakni ditemukan pada nisan yang dibuat dari batuan marmer yang diduga berasal dari Gujarat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement