Selasa 31 Dec 2019 11:22 WIB

Warga Antusias Ikuti Donor Darah di Muhasabah Republika

Republika menggelar muhasabah akhir tahun di beberapa kota.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah anggota TNI Rindam III Siliwangi dan masyarakat umum mengikuti program donor darah yang diselenggarakan Harian Republika bekerjasama dengan PMI Kota Bandung, Selasa (31/) di ruang Al Kindi Masjid Pusdai Bandung. Kegiatan bagian dari acara Muhasabah Republika.
Foto: Republika/Fauzi Ridwan
Sejumlah anggota TNI Rindam III Siliwangi dan masyarakat umum mengikuti program donor darah yang diselenggarakan Harian Republika bekerjasama dengan PMI Kota Bandung, Selasa (31/) di ruang Al Kindi Masjid Pusdai Bandung. Kegiatan bagian dari acara Muhasabah Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Puluhan anggota TNI Rindam III Siliwangi dan masyarakat umum mengikuti kegiatan donor darah di acara Muhasabah Akhir Tahun yang diselenggarakan Harian Republika di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Selasa (31/12). Kegiatan donor darah dilaksanakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Sejumlah anggota TNI dan masyarakat yang datang terpantau antusias mengikuti program donor darah. Satu persatu masyarakat menunggu giliran untuk dicek kesehatan terlebih dahulu dan jika dinyatakan sehat maka bisa melanjutkan donor darah.

Baca Juga

Salah seorang pendonor darah, Sertu Madyani dari Rindam III Siliwangi mengaku rutin melaksanakan donor darah. Namun, beberapa bulan terakhir ia tengah bertugas di Banten sehingga cukup lama belum melaksanakan kembali donor darah.

"Kalau ada donor darah saya suka ikut, terakhir donor Februari lalu. Sekarang pas sepuluh bulan (donor lagi) karena kemarin-kemarin ada tugas di Banten," ujarnya saat ditemui usai melaksanakan donor darah, Selasa (31/12).

Ia mengaku mendonorkan darah dilakukan tanpa ada paksaan. Sebab tujuan mendonorkan darah menurutnya untuk kesehatan dan memberikan kepada masyarakat yang membutuhkan stok darah.

"Saya ikhlas untuk donor darah, satu kesehatan dan kedua untuk yang membutuhkan transfusi darah," ungkapnya.

Salah seorang warga lainnya, Aang Sutisna (52) asal Cicadas mengetahui kegiatan donor darah di acara Muhasabah Akhir Tahun Republika dari spanduk-spanduk yang terpasang dibeberapa tempat di Kota Bandung. Ia pun langsung mendonorkan darahnya.

"Tahu kegiatan donor darah disini dari spanduk, akhirnya datang kesini. Saya rutin donor darah dan memang pas waktunya sekarang donor darah tiga bulan sekali," katanya.

Ia mengaku jika tidak rutin mendonorkan darah tiga bulan sekali maka sering merasa badan tidak nyaman. "Rutin tiap tiga bulan sekali, udah waktunya harus kalau gak suka gak enak ke badan," ujarnya yang sudah mendapatkan penghargaan perak karena rutin mendonorkan darah.

Muhasabah Akhir Tahun Republika rutin digelar di Masjid Pusdai Jawa Barat. Kegiatan yang diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah, bazar dan lainnya. Kemudian di malam pergantian tahun dilaksanakan ceramah dari ustaz-ustaz Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement