Jumat 27 Dec 2019 22:23 WIB

Padang Panjang Fasilitasi Alquran di Taman Baca Masyarakat

Fasilitas Alquran untuk mendukung gerakan tahfiz Alquran.

Fasilitas Alquran untuk mendukung gerakan tahfiz Alquran. Foto ilustrasi Alquran
Fasilitas Alquran untuk mendukung gerakan tahfiz Alquran. Foto ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG—  Pemerintah Kota Padang Panjang mendukung penyelenggaraan tahfiz di taman baca masyarakat. Dukungan dilakukan dengan menyediakan 150 Alquran untuk dipinjamkan secara bergilir ke taman-taman baca masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan menghafal Alquran.

"Ada 26 TBM(taman baca masyarakat) terdata di Padang Panjang. Di antara TBM-TBM itu ada yang memiliki aktivitas tahfiz dan ke sanalah Alquran akan digulirkan untuk mendukung kegiatan tersebut," kata Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang Yoni Aldo di Padang Panjang, Jumat (27/12).

Baca Juga

Alquran yang akan dipinjamkan secara bergilir, menurut dia, merupakan Alquran khusus yang dilengkapi dengan informasi mengenai metode menghafal Alquran.

Yoni mengatakan bahwa pemerintah tidak hanya memberikan perhatian kepadaTBM yang memiliki kegiatan tahfiz, tetapi pada semua taman baca.

"TBM hadir untuk membantu warga berdaya. Pemerintah memberikan dukungan dengan meminjamkan buku yang diharapkan memberikan ide agar aktivitas positif tumbuh di sana dan berjalan berkelanjutan," katanya.

Yoni menjelaskan pula bahwa di antara 26 TBM yang dikelola warga di Padang Panjang ada juga yang mengadakan aktivitas pemberdayaan ekonomi seperti pembuatan kerajinan.

"Dari 26 TBM, ada 18 yang aktif atau punya kegiatan umumnya untuk bisa menghasilkan uang lewat kerajinan dan ada pula aktivitas khusus anak-anak di luar jam sekolah seperti tahfiz tersebut," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement