Jumat 27 Dec 2019 14:32 WIB

Kiai Cholil: Dzikir Nasional Republika Jawab Tantangan Zaman

Kiai Cholil mengapresiasi konsistensi Republika menyelenggarakan Dzikir Nasional.

Rep: Febryan A./ Red: Ani Nursalikah
Kiai Cholil: Dzikir Nasional Republika Jawab Tantangan Zaman. Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI KH Cholil Nafis.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kiai Cholil: Dzikir Nasional Republika Jawab Tantangan Zaman. Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI KH Cholil Nafis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan Dzikir Nasional Republika adalah jawaban atas tantangan zaman. Dia mengapresiasi konsistensi Republika dalam menyelenggarakan kegiatan Dzikir Nasional.

Ia menyebut, kegiatan yang diselenggarakan setiap akhir tahun itu sebagai alternatif untuk umat dari kegiatan hura-hura. "Saya apresiasi Republika yang konsisten setiap tahun menyelenggarakan Dzikir Nasional. Republika tidak hanya memuat atau meliput acara, tapi membuat acara yang layak dimuat dan layak diliput," kata Kiai Cholil ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (27/12).

Baca Juga

Kiai Cholil menyebut kegiatan yang sudah diselenggarakan untuk ke-18 kalinya itu sebagai alternatif bagi umat. Kegiatan zikir akhir tahun adalah momentum untuk mengingatkan diri manusia bahwa ia diciptakan oleh Allah. Zikir juga untuk mengingat putaran waktu itu adalah kehendak Allah. Adapun manusia tak akan bisa menghindari putaran waktu itu.

"Oleh karena itu, pergantian waktu harus dibuat bagi kita untuk mengingat Allah. Mengevaluasi diri dan umur yang terbatas. Selama setahun seberapa besar waktu yang bermanfaat dan seberapa besar yang tersia-siakan," ujar Kiai Cholil yang merupakan salah satu penceramah di Dzikir Nasional Republika 2019.

Ia menambahkan, di kehidupan akhir zaman ini, umat harus meluruskan kembali kiblat dan melakukan revitalisasi atas eksistensi dan esensi diri sebagai manusia. "Kembali ke kesejatian fitrah sebagai manusia," ucapnya.

Republika akan menggelar Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid At Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kegiatan akan berlangsung pada 27-31 Desember 2019.

Panitia telah memastikan kegiatan tersebut akan dihadiri Menteri Agama Fachrul Razi. Adapun penceramah yang akan memberikan tausiyah adalah Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis, Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustaz Abdul Syukur, Habib Jindan, Ustaz Cholidi, dan Ustazah Mama Dedeh. Selain itu, ada juga Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir dan Ustaz Bobby Herwibowo.

Kegiatan itu juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti bazar buku, bazar busana, layanan kesehatan, donor darah, musik dan hiburan Islami, talkshow, hingga pameran kuliner halal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement