Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Alunan Nada dalam Ayat Alquran yang Menggugah

Jumat 27 Des 2019 04:14 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Alunan Nada dalam Ayat Alquran yang Menggugah. Foto: Membaca Alquran (Ilustrasi)

Alunan Nada dalam Ayat Alquran yang Menggugah. Foto: Membaca Alquran (Ilustrasi)

Foto: Republika TV
Kalangan non-Muslim mengagumi alunan nada dari susunan ayat Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keajaiban dan mukjizat Alquran dari berbagai aspek telah banyak diakui oleh khalayak ramai, bukan hanya dari kalangan Muslim namun juga non-Muslim. Salah satu yang membuat kalangan non-Muslim kagum adalah mengenai alunan nada dari susunan ayat-ayat Alquran.

Baca Juga

Hal itu sebagaimana diungkapkan Cendikiawan Inggris, Marmaduke Pickthall dalam bukunya The Meaning of Glorious Qur'an. Pickthall mengungkapan bahwa Alquran memiliki simfoni yang menggugah. Langgam serta nada yang tersusun dari tiap susunan bait ayatnya tak jarang memicu tangis dan sukacita bagi yang melanggamkan.

Sedangkan menurut Pakar Tafsir Terkemuka Indonesia, Prof Quraish Shihab dalam bukunya Mukjizat Alquran disebutkan, nada serta langgam Alquran yang indah disebabkan oleh susunan huruf-huruf dari kata-kata yang dipilih dan menghasilkan bunyi sepadan. Meski, beliau menegaskan, ayat-ayat Alquran bukanlah pusisi ataupun syair.

Alquran sebagaimana diketahui adalah kalamullah, perkataan Allah yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Susunan kalimat dalam Alquran, menurut beliau, selain indah juga disusun dengan kepadatan kalimat yang sarat makna.

Alquran memiliki keistimewaan pada kata dan kalimat-kalimatnya yang singkat, namun dapat menampung sekian banyak makna. Keindahan Alquran jika ditinjau dari aspek sastra dan seni, tentu saja tak sebanding dengan karya sastra dan seni buatan manusia.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA