Kamis 26 Dec 2019 13:38 WIB

Ribuan Warga Shalat Gerhana di Masjid Agung Sukabumi

Shalat kusuf tersebut tepatnya dilakukan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang. Mereka menjalankan shalat khusyuk dan diakhiri dengan ceramah.

Shalat kusuf tersebut tepatnya dilakukan setelah shalat Dzuhur berjamaah. Momen yang berjalan khidmat ini diawali dengan informasi tata cara pelaksanaan shalat kusuf oleh DKM Masjid Agung Kota Sukabumi.

Baca Juga

Pada shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi bertindak sebagai imam shalat Sofyan Tsauri dan Khatib KH Apep Saepulloh. Seperti diketahui pada saat fenomena gerhana matahari berlangsung, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana atau disebut shalat sunat kusuf. Hukum shalat gerhana matahari adalah sunat muakkadah, atau sangat dianjurkan. 

'' Mari perbanyak takbir, perbanyak istigfar mohon ampun kepada Allah, dan shalat gerhana berjamaah serta bershodaqoh,'' ujar khatib shalat gerhana KH Apep Saefulloh yang juga pengurus MUI Kota Sukabumi dalam ceramah. Upaya ini untuk semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT.

Apep mengatakan, shalat kusuf ini disunahkan sehingga sangat dianjurkan bagi umat Islam. Di mana di Kota Sukabumi di setiap masjid dilakukan shalat gerhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement