Senin 16 Dec 2019 09:31 WIB

BPJS TK Donasikan Tiket Marathon Ke Baznas

Donasi selanjutnya akan diberikan Baznas kepada para pekerja rentan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) mendonasikan tiket kegiatan lari marathon ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Foto: Kartu BPJS Ketenagakerjaan
Foto: bpjsketenagakerjaan.go.id
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) mendonasikan tiket kegiatan lari marathon ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Foto: Kartu BPJS Ketenagakerjaan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) mendonasikan tiket kegiatan lari marathon ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Donasi tiket peserta Relay Marathon BP Jamsostek yang diselenggarakan di kawasan Epicentrum Kuningan, Ahad (15/12) ini akan disalurkan untuk memberikan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan. 

Secara simbolis, Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto menyerahkan donasi ini langsung kepada Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta di sela penyerahan medali bagi para peserta lari.

 

Arifin menyampaikan rasa terima kasih atas komitmen BPJS TK dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan. Sehingga kerjasama yang telah berlangsung satu tahun ini berlanjut pada momentum HUT ke-42 perusahaan yang disemarakkan dengan acara lari berbagai kategori.

 

"Pekerja rentan yang dimaksud dalam kerjasama Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan BPJS TK dan Baznas ini yakni pekerja bukan penerima upah (BPU) yang dikategorikan sebagai Mustahik," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id.

 

Menurutnya, pekerja rentan saat ini sebagian besar berada pada dibawah garis kemiskinan. Sebab, mereka melakukan kegiatan usaha secara mandiri tanpa memperoleh penghasilan upah yang jelas. Untuk itu perlu penanganan segera untuk mendukung mereka dari keterpurukan ekonomi.

 

Selain itu, Arifin Purwakananta menambahkan pemberian bantuan kepada pekerja rentan juga akan menyasar kepada golongan penggangguran yang pada Agustus 2019 lalu tercatat mencapai 7,05 juta orang.

 

"Ini sebuah kolaborasi yang baik antara dua badan milik negara yakni BP Jamsostek sebagai penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja dan Baznas sebagai badan penghimpunan dan penyaluran zakat," ucapnya.

 

Direktur Utama BPJS TK Agus Susanto mengatakan, acara BPJS TK Relay Marathon 

ini bertujuan mengajak masyarakat dan khususnya para pekerja untuk tetap menjaga keseimbangan waktu bekerja dengan terus berolahraga di sela-sela kesibukkan pekerjaannya. Selain itu acara ini juga dijadikan media sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial.

 

Ia juga mengajak para peserta lomba untuk berdonasi karena seluruh biaya registrasi yang terkumpul akan disumbangkan untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan melalui Baznas.

 

"Kami mengucapkan terima kasih atas animo yang luar biasa dari seluruh peserta, karena dalam waktu beberapa hari saja hampir semua kategori sudah habis terjual sejak pendaftaran dibuka pada tanggal 16 November lalu," katanya.

 

Sebelumnya pada tahun 2018, Baznas dan BPJS TK juga telah melakukan kesepakatan dengan membantu memberikan perlindungan bagi para pekerja rentan yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama (SPK). 

 

Selain Program Donasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan BPJS TK dan Baznas yang diwujudkan dalam Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), bantuan juga meliputi penggalangan dana dari para donatur Baznas di semua kanal yang dimiliki Baznas dan BPJS TK, baik konvensional maupun digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement