Kamis 05 Dec 2019 20:00 WIB

Zakat ASN di Sumut Terkumpul Rp5 Miliar

Di tahun 2019, Baznas Sumut sudah menyalurkan zakat total Rp 4.9 miliar.

Zakat
Foto: Antara
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zakat penghasilan dari para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut berhasil terkumpul sekitar Rp5 miliar. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap, ke depan akan lebih banyak lagi zakat yang berhasil dikumpulkan, baik dari ASN maupun masyarakat.

"Ada sekitar 11 juta masyarakat muslim di Sumut dan sekitar 5 juta itu masih tergolong masyarakat kurang mampu. Bila semua orang yang berkewajiban berzakat membayar zakatnya maka masyarakat yang kurang mampu itu akan terbantu, dan berkurang. Zakat dari ASN Pemprov Sumut itu masih sebagian kecil saja," katanya.

Baca Juga

Salah satu yang berpengaruh besar menyadarkan masyarakat untuk membayar zakat, menurut dia adalah ustaz, da’i dan da’iyah saat memberikan tausiyah ke masyarakat.

"Ketika dai atau daiyah dengan benar-benar menyampaikan dakwah mudah-mudahan hati masyarakat kita terbuka untuk membayar zakat," katanya.

Di tahun 2019, Baznas Sumut sudah menyalurkan total Rp4.929.751.000 zakat untuk yang membutuhkan seperti bantuan untuk Madrasah Aliyah/SMA sederajat, masjid, mushala, lembaga pendidikan, bedah rumah, peralatan sekolah dan guru-guru madrasah di daerah minoritas.

Menurut Wakil Ketua Baznas RI Zainulbahar Noor, ini merupakan start yang bagus untuk kepemimpinan Edy Rahmayadi. "Start yang dilakukan Pak Gubernur untuk zakat sangat bagus, sampai saat ini sudah terkumpul sekitar Rp5 miliar. Dengan start yang seperti ini saya yakin Baznas Provinsi Sumut akan menjadi garda terdepan mengentaskan kemiskinan di sini," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement