Rabu 04 Dec 2019 02:30 WIB

Masjid di Turki Miliki Sakorfagus Peninggalan Romawi

Peneliti memastikan sakorfagus itu dibuat pada masa Romawi.

Rep: Rr Laeny Sulistyowati/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Turki
Foto: Youtube
Masjid di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, GAZIANTEP -- Para arkeolog menemukan bahwa sebuah masjid di Provinsi Gaziantep, tenggara Turki tanpa disadari menggunakan peninggalan romawi kuno. Lempengan yang dijadikan batu masjid tersebut merupakan tempat menyimpan jenazah di era Romawi Kuno yaitu sarkofagus.

Menurut penduduk setempat, lempengan seberat 850 kilogram tersebut dibawa ke masjid Örtülü pada 1984 lalu karena masjid tersebut membutuhkan lempengan yang baru setelah yang lama rusak. Saat itu penduduk setempat menemukan tutupnya di daerah pedesaan dan membawanya ke masjid dengan traktor mereka kemudian menjadi batu musala.

Berbicara kepada kantor berita Demirören, Mehmet Kaçar mengaku, sekelompok pengunjung telah memperingatkan masyarakat dua tahun lalu bahwa lempengan itu terlihat seperti artefak sejarah dan mendesak mereka menghubungi pihak berwenang. Kemudian seorang arkeolog mengkonfirmasi bahwa lempengan itu bersejarah dan milik era kekaisaran Romawi.

Kemudian Kaçar mengaku setelah pihaknya mendengar bahwa lempengan itu adalah artefak sempat merenung apakah akan membawa kembali ke tempat mereka menemukannya. Tetapi pada akhirnya masyarakat setempat memutuskan untuk menyimpannya.

"Kami khawatir akan merusaknya jika kami mencoba memindahkannya. Ini sepertinya tidak rusak di sini, kami sangat memperhatikannya," ujarnya seperti dikutip dari laman Daily Sabah, Selasa (3/12). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement