Kamis 28 Nov 2019 17:17 WIB

8 Masjid Raih Penghargaan YAMP

8 Masjid ini menyisihkan 999 masjid yang berada di bawah nauang YAMP.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Perwakilan keluarga pendiri Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) Hj. Siti Hardiyanti Rukmana didampingi Ketua Dewan Pembina YAMP Emil Salim  memberikan Penghargaan kepada Masjid Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila terbaik 2019 di Jakarta, Kamis (28/11).
Foto: Republika/Prayogi
Perwakilan keluarga pendiri Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) Hj. Siti Hardiyanti Rukmana didampingi Ketua Dewan Pembina YAMP Emil Salim memberikan Penghargaan kepada Masjid Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila terbaik 2019 di Jakarta, Kamis (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Delapan masjid meraih penghargaan Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP). Mereka terpilih dari total 999 masjid yang berdiri di bawah naungan YAMP.

Ketua penyelenggara, Marsono menyebut penghargaan ini merupakan kali pertama yang digagas sejak enam bulan lalu. YAMP bahkan membentuk tim untuk mengumpulkan data, melakukan survei, verifikasi hingga menilai masjid-masjid yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

"Kita cek keberadaannya, fungsinya, dan perkembangannya. Berdasarkan hal tersebut, kita mendapatkan delapan masjid yang dinilai pantas mendapat apresiasi dan anugrah," ujarnya saat acara yang berlangsung di Gedung Granadi, Jakarta, Kamis (28/11).

Ia juga menyebut jika pemberian penghargaan seperti ini akan berlangsung setiap tahun. Gunanya untuk memotivasi para pengelola masjid agar lebih optimal mengelola dan memakmurkan masjid dengan dua fungsinya. Fungsi yang pertama yakni ibadah dan kedua yakni menyejahterakan masyarakat sekitar.

Adapun penghargaan ini diberi nama Anugerah Fastabiqul Khairat 999 Masjid YAMP. Marsono berharap para pengurus masjid tidak hanya mengejar anugerah saja namun berlomba-lomba dalam kebaikan demi mendapat ridha dari Allah SWT.

Pengurus dari delapan masjid disebut diundang mengikuti acara selama dua hari yakni 27-28 November 2019. Di hari pertama, mereka diajak untuk menikmati wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sembari bersilaturahim dengan pengurus lainnya. Dan hari kedua penyerahan penghargaan.

"Penghargaan ini dibuat untuk mendorong masjid melayani masyarakat dan membudayakan umat lewat aktivitas perekonomian umat," ujarnya.

 

Ada delapan masjid dari 999 masjid yang memperoleh penghargaan. Adapun delapan masjid yang menerima penghargaan ini dibagi menjadi dua kategori. Lima masjid berhasil meraih Kategori Masjid Terpuji, di antaranya; Masjid Daarul Arqom Ciputat, Tangerang Selatan, Masjid Al-Falahul Assakir Cianjur, Jawa Barat, Masjid An-Nur Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Masjid Baitur Rahman Tulungagung, Jawa Timur, dan Al-Furqan Kampus Unsiq, Wonosoba, Jawa Tengah.

Masjid dengan kategori Terbaik III diraih Masjid Nurul Iman yang terletak di Kompleks Batamindo, Batam, Kepulauan Riau. Masjid kategori Terbaik II didapat oleh Masjid Nurul Falah, Patas, Buleleng, Bali dan Terbaik I diraih Masjid Al-Muhajirin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement